Kolaborasi Unik Musik Keroncong Lintas Genre dan Generasi dalam "Keroncong Week"

By nova.id, Rabu, 15 April 2015 | 11:20 WIB
Kolaborasi Unik Musik Keroncong Lintas Genre dan Generasi dalam Keroncong Week (nova.id)

Tabloidnova.com - Untuk pertama kalinya acara musik "Keroncong Week" diselenggarakan oleh Galeri Indonesia Kaya yang bekerja sama dengan Yayasan Keroncong Indonesia (YAKIN), pada April ini di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Jakarta.

Keroncong Week ini ditampilkan dengan tema "Keroncong Djoeara Noesantara (KEDJORA)" yang dilaksanakan selama enam hari, dengan menampilkan musik keroncong yang diaransemen secara orisinal dan cross genre.

Tak hanya sekadar lintas generasi, Keroncong Week ini juga melintasi beberapa genre musik sekaligus. Bahkan beberapa musisi yang meramaikan acara musik Keroncong Week sebagian besar merupakan penyanyi dengan genre pop, dangdut, jazz, bahkan rock.

Sebut saja Yana Yulio, Winda Viska, Dewi Gita, Ikke Nurjanah, Kunto Aji, Rieka Roeslan, Iman "J Rocks", Candil, Dira Sugandi, Indra Aziz, dan Angel Pieters. Kecintaan para penyanyi ternama Tanah Air ini  terhadap budaya Indonesia membuat Keroncong Week kian menarik dan penuh warna.

"Keroncong adalah jiwa saya. Merupakan semangat saya untuk terus memperkenalkan dan membuat masyarakat untuk terus mencintai musik keroncong. Bekerja sama dengan Galeri Indonesia Kaya merupakan langkah saya untuk terus melestarikan keroncong di era kekinian. Saya juga berharap, Keroncong Week dapat menjadi acara tahunan, agar musik keroncong tetap eksis," tutur Sundari Soekotjo, pencetus berdirinya Yayasan Keroncong Indonesia.

Sementara Kunto Aji mengatakan, "Merupakan kehormatan bagi saya untuk bisa tampil di Keroncong Week yang diselenggarakan Galeri Indonesia Kaya bersama Yayasan Keroncong Indonesia. Bangga rasanya menjadi salah satu generasi muda untuk bisa ikut melestarikan musik keroncong, yang merupakan musik asli Indonesia. Sudah semestinya kita merasa bangga terhadap segala aspek kebudayaan yang kita miliki".

Pada pementasan hari ke-4 Keroncong Week "Kedjora" yang bertemakan 'Cinta', diisi dengan penampilan empat grup keroncong, yakni Keroncong Berau (Kaltim) Sanggam Abadi, Keroncong Oemar Bakrie, Alunada Band, dan Keroncong Irama Kasih yang mengiringi Sundari Soekotjo, Intan Soekotjo, Candil, dan Dira Sugandi.

Di sesi pertama pertunjukkan, dimulai dengan penampilan Keroncong Berau Sanggam Abadi yang membawakan lagu modern seperti Rhapsody, Bahana Pancasila, Langgam Sangkuriang, Moritsko, Jauh Sudah, Wisata Pulau Derawan, juga berduet dengan Sundari Soekotjo pada lagu Langgam Sampul Surat dan Hanya Engkau.

Setelah itu hadir penampilan kelompok musik Keroncong Oemar Bakrie dan Alunada Band yang membawakan lagu-lagu populer seperti Pernah Muda, Especially for You, Clarity, Rangkaian Melati, Jatuh Cinta dan Sempurna yang dibawakan duet oleh Sundari Soekotjo dan Intan Soekotjo.

Pada sesi kedua, dihadirkan penampilan kelompok musik Keroncong Irama Kasih dan Otti Djamalus Home Band yang mengiringi penyanyi rock Candil dan penyanyi jazz Dira Sugandi, membawakan lagu Keroncong Tanah Airku, Sapu Lidi, Rocker Juga Manusia, Juwita Malam, Mengertilah Kasih, dan Won't You Come With Me.

Intan Y. Septiani/Tabloidnova.com