Awas Nyeri Pinggang (2)

By nova.id, Sabtu, 24 September 2011 | 22:09 WIB
Awas Nyeri Pinggang 2 (nova.id)

Fakta Sakit Pinggang

Hampir 80 persen penduduk di seluruh dunia pernah mengalami nyeri pinggang. Penelitian tahun 2002 menunjukkan, jumlah penderita nyeri pinggang sebesar 18,37 persen dari seluruh pasien nyeri. Tiga studi populasi di daerah pantai utara Jawa Indonesia ditemukan insidensi 8,2 persen pada pria dan 13,6 persen pada wanita. Di rumah sakit Jakarta, Yogyakarta dan Semarang insidensinya sekitar 5,4 - 5,8 persen dengan frekuensi terbanyak pada usia 45 - 65 tahun.

Hindari Membungkuk

Daerah lumbal adalah bagian bawah punggung yang terdiri dari 5 vertebrae, yaitu L1, L2, L3, L4, dan L5. Daerah lumbal menyangga berat badan atas serta berat yang berasal dari benda yang dibawa manusia. Daerah ini berada dalam tekanan yang konstan, terutama saat melakukan gerakan membungkuk, memutar dan mengangkat. Hal ini yang sering menjadi penyebab nyeri pinggang.

Menurut Dr. Muki Partono, Sp.OT., bantalan lumbal menyangga beban sebesar 150 kg jika seseorang membungkuk dan menyangga beban sebesar 100 kg pada saat berdiri. Posisi tidur yang miring juga memberikan beban 3 kali lebih besar yaitu 75 kg dibandingkan posisi tidur telentang sebesar 25 kg. Pada saat seseorang duduk membungkuk, beban yang disangga hampir mencapai 200 kg dibandingkan dengan posisi duduk tegap yang menyangga beban 150 kg. "Sementara, seseorang yang membungkuk untuk mengambil barang saat sedang duduk memberikan beban terberat pada daerah lumbal yaitu sebesar 275 kg," jelasnya.

Hasto Prianggoro