Pencernaan Lancar dengan Yoga (2)

By nova.id, Jumat, 23 September 2011 | 00:05 WIB
Pencernaan Lancar dengan Yoga 2 (nova.id)

4. Apasana

- Posisi masih berbaring, tekuk kedua lutut, dan peluk di dada. Rasakan punggung mulai rileks. Tahan selama beberapa saat.

Tip: Gerakan ini membantu proses pembuangan, terutama bagi mereka yang mengalami konstipasi.

5. Salabhasana

- Berbaring telungkup di matras dengan kedua kaki lurus ke belakang. Usahakan pergelangan kaki berdekatan.- Letakkan dahi di lantai, luruskan lengan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas.- Tarik napas, angkat dada serta kedua kaki belakang, putar kedua bahu ke belakang, angkat kedua lengan ke atas dan rentangkan jari kaki.- Netralkan leher, tarik dagu ke bawah, tahan beberapa napas, dan lepas ketika membuang napas.

Tip: Gerakkan ini membantu proses pembuangan, terutama bagi mereka yang mengalami konstipasi.

6. Pascahimotanasana

Lakukan sebantak lima kali- Posisi duduk dengan kedua kaki dipanjangkan ke depan dan bersebelahan.- Tarik napas dan angkat lengan ke atas sambil memanjangkan punggung dan mendorong dada ke atas.- Embuskan napas sambil menekuk tubuh dari daerah panggul, pegang kaki atau samping betis.

Tip: Usahakan punggung tetap panjang dan dada tetap terbuka ketika melakukan gerakan ini.

7. Supta Baddha

- Tekuk kedua lutut dan berbaringlah di atas alat bantu seperti bantal dan selimut.- Pastikan kepala lebih tinggi dari tubuh dan punggung rileks.- Letakkan kedua lutut di lantai, satukan telapak kaki Anda.- Tutup mata, biarkan perut relaks, tahan selama menit.

 Astrid Isnawati

Sumber: Devi Asmarani, Buku Yoga untuk Semua, Foto-foto: Adrianus Adrianto