Pelatihan Penyegaran Mading untuk Pedagang

By nova.id, Rabu, 28 Agustus 2013 | 07:27 WIB
Pelatihan Penyegaran Mading untuk Pedagang (nova.id)

Pelatihan Penyegaran Mading untuk Pedagang (nova.id)

"Foto: istimewa "

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Payakumbuh, Indra Sofyan, S.E, MM. saat membuka acara mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang digagas Yayasan Danamon Peduli (YDP) dan melibatkan tim mading pedagang pasar Ibuh.

"Apalagi asar Ibuh adalah satu-satunya pasar di Pulau Sumatera yang terpilih mengikuti pelatihan tersebut. Kerja tim mading sama halnya seperti kerja wartawan. Lewat pelatihan ini diharapkan peserta dapat mempraktikkan ilmu kewartawanan sehingga berita-berita yang diterbitkan di mading informatif dan enak dibaca," ujar Indra Sofyan.

Indra menambahkan, adanya mading i pasar Ibuh secara tidak langsung telah membantu tugas-tugas pemerintah dalam rangka melaporkan perkembangan yang terjadi di pasar, termasuk soal harga-harga yang selalu naik-turun.

Programme Officer Program Pasar Sejahtera Yayasan Danamon Peduli, Dany Yuda Saputra mengatakan, Yayasan Danamon Peduli bekerjasama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh telah mengembangkan program revitalisasi pasar tradisional yang dibingkai dalam Program Pasar Sejahtera (Sehat, Bersih, Hijau dan Terawat). Program ini bersifat tahunan dan telah dimulai sejak 2010 dan memiliki tujuan mengembangkan pasar tradisional yang Sehat, Bersih, Hijau dan Terawat.

"Untuk mencapai tujuan tersebut ada dua metode yang digunakan, yaitu memfasilitasi sarana dan prasarana kebersihan dan kesehatan, serta mengupayakan perubahan perilaku  komunitas pasar salah satunya lewat mading," paparnya.

Dalam pelatihan itu, disampaikan materi Dasar-Dasar Jurnalistik, Teknik Wawancara, Kiat Menulis Berita, Teknik Menulis Feature, Foto Jurnalistik, Kata Baku dan Kata Tidak Baku, serta Menggagas Mading Pasar Sejahtera.

Henry