Mengintip Daya Tarik Kaesang "Si Mister Kacang" di Dunia Maya

By nova.id, Rabu, 5 November 2014 | 09:23 WIB
Mengintip Daya Tarik Kaesang Si Mister Kacang di Dunia Maya (nova.id)

Tabloidnova.com - Pesta Rakyat memang sudah usai beberapa pekan lalu. Namun sejak dilantiknya Presiden RI ke-7 Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk periode 2014 - 2019, tak sedikit masyarakat Indonesia yang hingga kini masih larut dalam euforia.

Seiring larutnya kegembiraan masyarakat dalam menyambut sang presiden baru, para netizen juga ikut dihebohkan oleh kehadiran Si Mister Kacang. Siapakah sebenarnya Si Mister Kacang?

Nama ini bukanlah nama orang sebenarnya, melainkan sebutan para netizen untuk akun blog milik putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Kaesang sempat menjadi trending topic sejak 20 Oktober hingga 31 Oktober lalu lantaran selama itu ada sekitar 8.645 mention yang menyapa atau sekadar me-ReTweet akun milik Kaesang, @kaesangp.

Alasan kuat mengapa Kaesang bisa menjadi buah bibir di lini masa adalah karena sejumlah celotehan dan tulisan yang diunggah ke blog miliknya, http://www.misterkacang.blogspot.com,kerap menimbulkan gelak tawa.

Dalam salah satu artikel yang ditulisnya, "Diary Anak Kampung", sekilas tulisannya tak jauh beda dengan tulisan blog pada umumnya. Namun blog milik Kaesang menjadi kian menarik ketika Kaesang mendapat gelar "anak Presiden RI". Status atau tulisan yang mayoritas terkesan to the point dan apa adanya itu seolah menjadi hal yang menyegarkan bagi khalayak mengenai sosok anak Presiden yang pada umumnya bersikap jaim.

Kaesang bahkan disebut-sebut sebagai The Next Raditya Dika, yang sukses dengan buku Kambing Jantan. Buku ini merupakan hasil adopsi dari blog hariannya. Sama seperti Raditya, blog milik Kaesang pun dikunjungi banyak orang, dan tak sedikit pula yang mengikuti update-nya.

Tak hanya blog-nya yang menarik perhatian, melainkan juga akun Twitter-nya. Selama lima hari saja, sejak 30 Oktober hingga 4 November lalu, follower akun @kaesangp meningkat pesat, dari 37.000 menjadi 69.000-an.

Berbagai pertanyaan dan komentar tentang isi blog-nya atau yang sekadar me-ReTweet unggahannya di Twitter, hingga saat ini masih didominasi oleh anak muda. Ini terlihat pada lima status yang terbanyak di-ReTweet selama periode 20 Oktober hingga 31 Oktober.

Uniknya, tak hanya isi blog-nya yang menjadi obrolan di lini masa, tetapi juga sisi pribadinya. Kaesang diketahui sebagai penggemar salah satu personel girlband JKT48 yang bernama Elaine, sehingga semakin menambah keseruan tentang dirinya. Bahkan tak sedikit netizen yang menggodanya soal Elaine JKT48 yang disukainya itu.

Pada lima hari terakhir, akun @Kaesangp lebih banyak menanggapi isu tentang seorang anak menteri yang menyukainya, yang telah menjadi topik paling menarik. Bahkan tanggapannya itu telah di-ReTweet hingga 750 kali.

Sejumlah pengamat media sosial yang kerap memproduksi status amat serius pun, sampai ikut menanggapi unggahan @kaesangp yang disarankan untuk memacari putri Menteri Susi Pudjiastuti, Nadine Kaiser.

Salah satunya pengamat politik Burhanuddin Muhtadi @BurhanMuhtadi yang menulis unggahan dalam bahasa Jawa: "Wong iki lucu tenan @kaesangp: ga berani, dia anaknya menteri RT @ecat210: Tuh Mas @kaesangpanaknya menteri Susi... Sikat!!!"

Intan Y. Septiani

SUMBER: AWESOMETRICS