Trik Raditya Dika Menjaga dan Meningkatkan "Personal Branding"

By nova.id, Kamis, 2 April 2015 | 03:10 WIB
Trik Raditya Dika Menjaga dan Meningkatkan Personal Branding (nova.id)

TabloidNova.com - Sejak menulis novel ber-genre remaja yang penuh humor, Jomblo, yang kemudian diadaptasi ke layar lebar, nama Raditya Dika semakin berkibar di dunia hiburan Tanah Air.

Eksistensinya sebagai novelis, bintang film, dan komedian, kini semakin diperkuat dengan sebutan yang diarahkan kepada dirinya, yakni sebagai komik (pelaku stand up comedy) serta celebrity buzzer yang memiliki jutaan pengikut di berbagai akun media sosialnya. Tak hanya itu, pria berwajah kocak ini juga mulai sering dijadikan sebagai brand ambassador berbagai produk atau merek ternama di Indonesia.

Menurut pria yang kerap disapa Dika ini, sebenarnya selama ini ia tidak pernah membayangkan dirinya akan diidolakan banyak orang. Apalagi, ditawari jadi bintang iklan atau didapuk sebagai brand ambassador suatu produk. Akan tetapi, Dika memiliki prinsip hidup yang jadi pegangannya.

"Ayah saya selalu bilang, 'Jangan lakukan sesuatu selama hidup di dunia ini demi uang. Lakukan segala sesuatu yang memang kamu senangi.' Nah, kalimat dari ayah itulah yang selalu jadi panduan hidup saya. Tapi ternyata, apa yang saya senangi justru jadi sesuatu yang menghasilkan buat saya," tutur Dika, pada peluncuran sebuah produk minuman di Jakarta, di mana ia jadi brand ambassador-nya.

Sebagai celebrity buzzer "berharga mahal", konon Dika bisa mendapatkan honor sekitar Rp5juta hanya dengan membuat cuitan sekali saja di Twitter. Untuk menjaga dan meningkatkan personal branding dirinya yang sudah sangat dikenal itu, Dika ternyata hanya punya satu trik sederhana.

"Sebenarnya sejak dulu saya enggak pernah neko-neko orangnya. Saya tentu merasa bersyukur punya banyak followers. Tapi pada dasarnya saya hanya menjalani saja apa yang saya senangi dan saya rasa sangat pas dengan diri saya. Seperti halnya dalam memilih tawaran iklan, kalau memang value-nya pas dan memang saya suka produknya, akan saya ambil," tandasnya.

Intan Y. Septiani

FOTO: INTAN Y. SEPTIANI/NOVA