Hamil Tapi Belum Dikuret

By nova.id, Senin, 5 Juli 2010 | 00:13 WIB
Hamil Tapi Belum Dikuret (nova.id)

Dokter yang terhormat, saya (26) seorang calon bapak. Saat ini istri saya (22) telat menstruasi satu minggu. Setelah diperiksa ke dokter, ternyata positif hamil. Menurut dokter, hitungan umur janin kurang lebih satu bulan satu minggu. Saya cukup takut Dok karena tujuh bulan yang lalu istri saya pernah telat menstruasi satu bulan. Tapi kemudian muncul gumpalan darah seperti haid. Memang tidak banyak dan istri saya sehat-sehat saja. Makanya tak saya periksakan ke dokter maupun bidan.

Yang saya takutkan, menurut teman, istri saya harus dikuret dulu agar rahimnya bersih. Setelah itu baru boleh hamil. Istri saya memang belum dikuret. Apakah akan berpengaruh terhadap janin, Dok? Apa yang harus kamilakukan agar perkembangan janin baik? Selain itu, berat badan istri saya hanya 41 kg. Apakah akan berpengaruh terhadap perkembangan janin? Oh ya, apakah Dokter Judi menulis buku-buku yang mengulas tentang kehamilan trimester I, II, dan III maupun setelah melahirkan? Kalau ya, di mana saya dapat mendapatkan buku-buku tersebut? Mudah-mudahan Dokter bisa membantu saya. Atas perhatian dan jawabannya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Mulyono ­- Cijantung, Jaktim

Kehamilan hanya dapat terjadi bila suami istri dalam keadaan sehat. Peristiwa terlambat haid tujuh bulan yang lalu belum tentu telah terjadi kehamilan karena tidak ada bukti pastinya, misalnya tampak gambaran janin pada pemeriksaan USG. Saat ini yang paling penting adalah menjaga kesehatan ibu dan janin lahir batin. Jalani semuanya secara wajar dan alami. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung zat pengawet, MSG, zat pewarna ataupun yang kandungan kalorinya berlebihan. Perbanyak ibadah agar Allah SWT memberikan ridho, kemudahan, dan kesehatan pada Ibu dan janin.

Berat badan 41 kg memang mendekati batas minimal 40 kg, tetapi tidak perlu terlalu khawatir. Cobalah biasakan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Susu penting untuk kesehatan ibu dan janin. Ada dua buku yang saya tulis, yaitu Mempersiapkan Kehamilan Sehat dan Mempersiapkan Persalinan Sehat. Keduanya sudah dijual di toko-toko buku di Jakarta. Terima kasih atas pertanyaannya.