Menjembatani Harapan&Kenyataan (1)

By nova.id, Senin, 10 Agustus 2009 | 17:33 WIB
Menjembatani Harapan Kenyataan 1 (nova.id)

Anda dan pasangan boleh melakukan latihan bersama atau terpisah, lalu bahas apa yang Anda berdua raih. Yang terbaik, menyisihkan waktu satu malam untuk melakukannya bersama. Anda memerlukan 5 lembar kertas dan di setiap kertas tuliskan judul masing-masing: Karier, Rumah, Keluarga, Milik, dan Hobi. Ayo, lakukan sekarang juga!Kenali TujuanAmbil waktu sebanyak yang diperlukan, tuliskan di tiap lembar apa yang diharapkan. Buat catatan semua sasaran realistis yang sedang Anda lakukan dan hal-hal yang diinginkan di masa depan. Bawa pikiran sejauh mungkin, sampai masa pensiun dan menjadi kakek/ nenek. Pertanyaan-pertanyaan berikut mungkin bisa membantu:* Karier - Bekerja atau tidak? Jenis pekerjaan apa? Tempat, gaji, jam kerja? Wiraswasta? Bekerja di suatu perusahaan? Jenis pekerjaan yang sama sepanjang hidup atau ingin berganti pekerjaan?

* Rumah - Di mana? Berapa banyak? Rumah model bagaimana? Apakah akan tetap tinggal di satu tempat atau secara teratur akan berpindah tempat?

* Keluarga - Anak-anak? Jika ya, berapa banyak dan bagaimana akan menyekolahkannya? Apakah akan punya tempat tinggal yang dekat dengan orangtua dan saudara-saudara? Seberapa sering akan bertemu mereka? Seberapa besar keterlibatan mereka terhadap kehidupan Anda?

* Milik - Apa yang utama? Kemewahan seperti apa yang diinginkan? Apa yang akan dilakukan jika mendapatkan bonus?

* Hobi - Kehidupan sosial dan teman-teman: Seberapa lama dan seberapa sering? Hobi dan relaksasi: Berapa lama yang akan dihabiskan bersama pasangan dan berapa lama Anda berdua akan menghabiskan waktu secara terpisah? Tanyakan Mengapa!Begitu sudah melengkapi daftar-daftar tadi, sisihkan waktu untuk memikirkan mengapa Anda ingin mendapatkannya. Apa yang membuat Anda sangat ingin mencapainya? Rasa aman, popularitas, atau kepuasan diri sendiri?Atau Anda ingin mempertahankan nilai-nilai tertentu dalam kehidupan, seperti merawat keluarga dan bersosialisasi. Berbagilah informasi dengan pasangan agar bisa membantu Anda merasa lebih dekat dalam membangun kerukunan.

Aline