Mau Tampil Cantik, Jangan Lakukan Ini, Ya! (2)

By nova.id, Kamis, 4 Februari 2010 | 17:36 WIB
Mau Tampil Cantik Jangan Lakukan Ini Ya! 2 (nova.id)

6. JANGAN BERLEBIHAN MENGGUNAKAN PELEMBAPKendati kulit Anda tergolong sangat kering, jangan berlebihan menggunakan pelembap. Karena menurut ahli, daerah T tidak membutuhkan penambahan pelembap dari luar, meskipun jenis kulit kita tergolong sangat kering. Pemakaian yang berlebihan atau yang terlalu lama (misalnya dibawa tidur semalaman) selain menutup pori-pori, membuat kotoran akan lebih mudah menempel. Dalam beberapa kasus mengakibatkan pembengkakan atau membuat mata berkantung akibat penumpukan pelembap.

7. WASPADAI TANDA-TANDA PERINGATANJangan abaikan iritasi kulit sekecil atau seringan apa pun. Walau hanya sedikit gatal, memerah, atau keluhan lain, segera tanggulangi agar terhindar dari masalah yang lebih parah.Masalah kepekaan (kulit sensitif) amat individual sifatnya. Yang baik dan cocok untuk banyak orang, belum tentu tidak mengakibatkan alergi pada satu orang. Itu sebabnya bila kulit Anda sensitf, pilihlah kosmetik yang berbahan dasar tumbuh-tumbuhan.

8. KURANGI KONSUMSI MAKANAN BERBUMBUSedapat mungkin batasi konsumsi makanan sarat bumbu. Terlebih, minuman yang mengandung alkohol. Apalagi jika Anda penderita sinusitis atau termasuk kelompok yang rentan terhadap pecahnya pembuluh darah halus. Faktor lain adalah pemijatan wajah, terutama yang bukan dilakukan ahlinya.Hindari juga perawatan-perawatan salon yang menggunakan "panas" seperti Cathiodermie dan Diathermy, yang memang dirancang untuk membakar pembuluh darah kapiler. Ini hanya akan memperburuk ketahanan dinding pembuluh darah yang memang sudah lemah dan tipis. Sementara menurut para ahli, suplemen rutin semacam derivatif (turunan vitamin B) dapat meningkatkan daya tahan pembuluh darah.

9. BERHATI-HATI DENGAN ELEKTROLISISMeski tampak seperti "angin surga" bagi yang mendambakan rambut hitam alami, eletrolisis perlu diwaspadai. Bila bukan dilakukan oleh ahlinya, kegiatan yang mengalirkan listrik di bawah akar rambut ini akan sangat membahayakan, karena bisa saja terjadi iritasi dan infeksi lokal akibat penusukan jarum yang memecahkan dinding folikel rambut. Kunjungi dokter bila ada masalah dan bebaskan dari pemakaian zat-zat kimiawi seperti pemutih atau pewarna rambut.

10. JANGAN BOROS MENGGUNAKAN PENGHAPUS MINYAKUsaha mempertahankan kulit agar tidak tampak berminyak dengan membersihkannya berulang-ulang, dapat menjadi bumerang alias senjata makan tuan. Karena selain bisa membuat kulit tampak sangat kering, kelenjar minyak pun dapat terangsang berproduksi lebih aktif. Sehingga kulit malah akan semakin berminyak.

Pembersihan yang berlebihan juga memperbesar peluang terjadinya iritasi kulit. Apalagi dengan zat-zat tambahan yang menjadikan dinding pori semakin menipis dan mudah meradang.Gunakan tisu khusus dan bedak yang dapat menyerap minyak dan keringat. Pastikan kosmetik Anda benar-benar bebas minyak daripada harus mengganti atau memoles berulang-ulang.Tidak jarang kosmetik mengandung minyak sintetis yang hanya akan menambah keluhan kulit. Cara mengujinya? Sederhana saja. Oleskan pelembab, pelindung matahari, dan alas bedak pada secarik kertas putih bersih. 24 jam kemudian bentangkan kertas tersebut menghadap matahari. Adakah lingkaran bekas minyak di situ?

F/Yanti