Mau Tampil Cantik, Jangan Lakukan ini, Ya! (1)

By nova.id, Kamis, 4 Februari 2010 | 17:09 WIB
Mau Tampil Cantik Jangan Lakukan ini Ya! 1 (nova.id)

1. JANGAN BERTUKAR PAKAIBertukar pakai produk-produk kecantikan akan membuat Anda mudah terkena infeksi kulit atau iritasi mata. Kalaupun terpaksa, usahakan pemakaian kosmetik pinjaman tersebut menggunakan kapas bersih atau tangan Anda sendiri karena spons/busa pemiliknya belum tentu bersih dan aman bagi kulit Anda.Ingin mencoba produk baru? Sebaiknya coba terlebih dulu pada punggung tangan atau lipatan lengan. Bila terjadi gangguan pada kulit, hentikan.

2. JANGAN KELEWAT SETIAKosmetik yang Anda gunakan di masa muda (usia 20-an), belum tentu memberi manfaat bagi kulit Anda di masa datang (saat Anda umur 30-an). Bahkan malah mungkin menjadi petaka kalau pemakaian berlanjut sampai usia baya (40-an). Selain karena kosmetik tersebut belum tentu masih berkualitas baik di tahun-tahun mendatang, aktivitas kulit di setiap fase pertumbuhan jelas sangat berbeda.

3. JANGAN KERANJINGAN MEMENCET JERAWATJerawat memang menjengkelkan, begitu juga dengan noda yang ditinggalkan. Dan jalan satu-satunya untuk mengosongkan pori-pori yang tersumbat hanya dengan memencetnya, demikian anjuran para ahli.Yang menjadi masalah sebenarnya bukan karena dipencet melainkan alat yang digunakan dan permukaan kulit yang belum dibersihkan atau "kurang" bersih. Akibatnya, kuman dan bakteri yang masih ada menjadikan jerawat semakin meradang. Yang pasti, pemencetan dalam bentuk apa pun akan meninggalkan bekas luka pada wajah.

4. JANGAN KELEWAT HEMATJangan pernah berpikir bahwa dengan menambahkan air pada maskara atau kosmetik lain akan dapat memperpanjang waktu pemakaian. Sesedikit apa pun penambahan air akan mengubah komposisi bahan-bahan kosmetik tersebut, termasuk bahan pengawetnya. Apalagi kosmetik yang mengandung air mudah tercemar mikro organisme seperti jamur, virus, dan bakteri.Simpanlah kosmetik dalam tempat yang seharusnya dan amati perubahan yang terjadi pada kosmetik, paling lama 3-6 bulan kosmetika Anda harus sudah dipensiunkan. Sebab, bukan hanya makanan yang memiliki batas kadaluwarsa, kosmetik pun demikian.Kerusakan bahkan dapat terjadi hanya karena pengaruh panas atau perubahan suhu yang tiba-tiba.

5. JANGAN MUDAH TERJEBAK IKLANAnda patut meragukan "perawatan menakjubkan" yang dapat menghilangkan keriput, luka parut bekas jerawat, sekaligus menghaluskan kulit. Yang boleh Anda percayai adalah yang berkhasiat merontokkan kulit yang telah mati dan menyamarkan noda-noda hitam.Hati-hati, beberapa produk peeling bukannya mengobati malahan menimbulkan luka baru dan perubahan pigmentasi. Bahkan bisa mengakibatkan kebutaan bila zat-zat kimia tertinggal terlalu lama di ekor mata.

F/Yanti