Manfaat Lain Garam Dapur

By nova.id, Rabu, 27 Januari 2010 | 18:11 WIB
Manfaat Lain Garam Dapur (nova.id)

1. Menghilangkan Bau Amis Pada Belut Garam yang biasanya cuma untuk memberi rasa asin, ternyata juga bisa mengenyahkan bau amis pada belut. Masukkan segenggam garam dapur ke dalam kantong plastik yang berisi belut hidup. Biarkan sejenak sampai belut mati. Bersihkan belut lalu bumbui sesuai keinginan.

2. Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin Aneh memang. Kalau ikan asin Anda terlalu asin, cuci dengan larutan air garam. Niscaya sebagian garam yang menempel pada ikan asin akan ikut larut dalam larutan air garam.

3. Mengurangi Rasa Asam Pada Buah Buah yang rasanya asam, misalnya kedondong atau mangga muda dapat dibubuhi garam sebelum dibuat manisan buah. Setelah itu kadar keasamannya akan berkurang.

4. Membuar Sayuran Rebus Tetap Hijau Siapa yang tak tertarik menyantap sayuran yang berwarna hijau segar? Masak air yang telah dibubuhi garam sampai mendidih. Rebus sayuran di dalamnya. Biarkan sampai sayuran matang. Lihatlah kini sayuran Anda tidak layu warnanya.

5. Menghilangkan Gatal Pada Nanas Hati-hati kalau makan nanas. Salah-salah gatal tenggorokanmu begitu pesan ibu, bukan? Padahal dengan garam risiko itu bisa dihilangkan. Setelah nanas di kupas dan dibuang mata kulitnya, segera oleskan garam. Nah, kini nanas aman di makan. Anda tak perlu khawatir lagi nanas membuat tenggorokan Anda gatal. Selain itu nanas akan terasa lebih manis.

6. Mengurangi Sakit Gigi Rasa sakit gigi yang berdenyut dapat berkurang bila Anda berkumur dengan air yang hangat di bubuhi garam. Kebiasaan berkumur dengan air garam juga berkhasiat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

7. Menghilangkan Pegal di Kaki Kaki yang pegal tak perlu selalu dienyahkan lewat elusan tukang urut. Rendam saja kaki di dalam ember yang berisi air hangat yang telah dilarutkan dalam garam dapur. Setelah itu rendam lagi kaki di ember lain yang berisi air dingin. Lakukan beberapa kali bergantian. Kaki Anda pasti pulih seperti sedia kala.8. Menghilangkan Noda Darah di Kain Sungguh sulit menghilangkan bekas darah terutama bila darah sudah mengering. Tapi dengan garam, noda darah sama sekali bukan masalah. Rendam kain yang bernoda darah dalam air larutan garam. Cuci bersih memakai sabun atau deterjen. Bila belum terlalu hilang, kucek sebentar.

9. Menjaga Agar Ikan Tak Lengket di Wajan Alangkah menyebalkannya bila ikan yang kita goreng lengket di wajan. Kulit ikan terkelupas hingga ikan goreng Anda tak sedap di pandang mata. Cara paling jitu tentu menggoreng ikan di wajan berlapis teflon. Namun bila Anda tidak memilikinya, tak usah kecil hati. Cegahlah keadaan ini dengan cara berikut. Gosok wajan dengan garam dapur sebelum dituangi minyak. Anda boleh mencobanya dan melihat hasilnya.

10. Menghilangkan Rasa Panas Pada Kulit Risiko yang paling menyebalkan saat mengiris cabe ada rasa panas yang ditinggalkannya. Untuk menghilangkannya, rendam tangan atau jari-jari Anda di air hangat yang telah dibubuhi garam. Biarkan sebentar sampai rasa panas itu berkurang.

11. Mengurangi Rasa Pedas Kalau Anda tak suka pedas dan kebetulan tergigit cabai yang rasanya menggigit itu. Jangan teriak-teriak, olesi lidah Anda dengan sedikit garam. Garam dapat mengurangi sedikit rasa pedas yang menyengat.PENGIRIM : Ny. Yenty Sumarsono