Cara Gampang Merawat Mobil (2)

By nova.id, Selasa, 22 Desember 2009 | 17:05 WIB
Cara Gampang Merawat Mobil 2 (nova.id)

Bersih & rapiInterior mobil bisa jadi personifikasi Anda. Interior mobil yang bersih dan rapi menandakan pemiliknya sangat menjaga penampilan dan kebersihan.

Karpet mobil menjadi hal yang utama harus Anda perhatikan. Karena segala kotoran yang terbawa oleh alas kaki, remah-remah makanan, bukus permen, karcis tol dll kerap berserakan di lantai.

Tak heran, karpet menjadi bagian interior yang biasanya paling kotor. Perawatan rutin, minimal seminggu sekali wajib dilakukan. Jika karpet menjadi "sarang" debu cukup dibersihkan dengan penyedot debu. Yang berat jika terkena noda, misalnya ketumpahan minuman atau makanan. Mau tidak mau, Anda harus mencucinya dengan pembersih tertentu.

Kebersihan jok juga layak Anda perhatikan. Bahan jok beragam. Dari kulit asli sampai yang sintetis. Perlakuan dua jenis bahan jok ini berbeda. Untuk jok berbahan sintetis jika kena noda akibat tertumpah minuman atau yang lain, maka lap berbahan lembut/bahan kaos dengan sedikit bahan cairan untuk mencuci piring, jangan menggunakan sabun atau deterjen karena menyebabkan kulit jadi pudar.

Sementara untuk jok kulit asli harus menggunakan pembersih khusus. Jangan coba-coba dengan sembarang pembersih jika tak ingin jok Anda rusak.

Dashbord mobil juga harus jadi perhatian. Jangan sampai dashboard jadi tempat bersemayam debu bahkan virus yang bisa menyebar ke penumpangnya. Lekukan panel dashboard juga harus dibersihkan. Karena di tempat ini, biasanya virus atau bakteri betah bersembunyi.

Selain bebersih, merapikan laci mobil juga jangan dilupakan. Cobalah tengok, apa saja yang tersimpan di laci. Undangan, brosur, atau bon-bon belanjaan yang tak terpakai masih tersimpan. Ya, saatnya Anda mmbersihkan. Buang barang-barang yang sudah terpakai. Rapikan CD yang tercecer dari sampulnya. Jangan lupa lap laci dashboard dengan kain basah agar debu-debu bisa terangkat. Setelah bersih dan kering masukkan kembali alat-alat yang diperlukan.

Yang tak kalah penting siapkan tempat sampah kecil di dalam mobil. Ajari juga anak-anak agar berhati-hati jika makan di dalam mobil dan membuang sampah pada tempatnya.

Nova