Berteman Dengan Kemacetan (3)

By nova.id, Minggu, 13 Desember 2009 | 17:04 WIB
Berteman Dengan Kemacetan 3 (nova.id)

Pilih MaticKetika macet, mobil transmisi matic sangat nyaman dan menyenangkan. Pengemudi akan tetap merasa nyaman dan tidak cepat lelah, karena kaki kiri bisa istirahat. "Gemetaran" yang kerap dialami perempuan karena harus injak kopling bisa dihindari. Anda tinggal pilih posisi gigi di D atau N. tergantung bagaimana kondisi kemacetan. Jika berhenti tidak terlalu lama, pilih posisi di gigi D. Jika akan maju, tinggal angkat pedal rem. Lain halnya kalau macet total, pilih posisi N dan tarik tuas hand rem.

Mobil dengan transmisi matic juga tetap perkasa di tanjakan. Saat mengalami kemacetan di tanjakan, para pengemudi mobil matic dapat menggunakan teknik kickdown yakni teknik menginjak pedal gas secara tiba-tiba atau penuh. Langkah ini akan membuat gigi berpindah secara otomatis ke gigi rendah. Jika tanjakan ekstrim bisa menggunakan gigi L.

Lalu apakah konsumsi bahan bakar transmisi otomatis lebih boros? Pertanyaan ini kerap dipertanyakan oleh para pengemudi mobil. Pada dasarnya konsumsi bahan bakar antara transmisi manual dengan otomatis tidak terlalu jauh berbeda. Hal ini dapat dilihat dari hasil test yang pernah dilakukan oleh tim Daihatsu, yaitu untuk transmisi manual 1:11 dan yang otomatis 1:10 dengan beban 7 penumpang, AC menyala, kondisi normal. Meskipun matic, namun konsumsi bahan bakarnya tetap irit. Jadi perbedaan itu tak sebanding kan dengan kenyamanan yang didapat oleh pengemudi mobil matic?

Sukrisna/Nova