5 Tips Bersihkan Rumah

By nova.id, Sabtu, 5 Desember 2009 | 17:04 WIB
5 Tips Bersihkan Rumah (nova.id)

5 Tips Bersihkan Rumah (nova.id)

"Foto: Romy Palar/Nova "

Selain keluarga, rumah biasanya didatangi kerabat dan tetangga, malah tak jarang kolega pun berkunjung. Rasanya kurang sempurna, bila jamuan istimewa yang disuguhkan tak dibarengi dengan rumah yang rapi dan bersih. Masalahnya, menyiapkan hidangan dan segala pernik yang mempercantik rumah saja, sudah memerlukan banyak tenaga, apalagi jika harus bersih-bersih.

Padahal, bersih-bersih rumah bisa efektif dilakukan asal dicicil dan terorganisir. Lebih jelasnya, yuk ikuti tips berikut ini:

Buat JadwalMenjadwalkan bersih-bersih rumah terbukti efektif dan memudahkan, kok. Misalnya, dengan membersihkan dapur pada Rabu setiap minggunya, hasilnya akan lebih kentara (karena fokus) dan kotorannya juga tak menumpuk. Kalau dibersihkan dengan metode kapan-saja-yang-penting-beres, yang terjadi malah sebaliknya.

Dalam membuat jadwal, jangan menyatukan semua kegiatan bersih-bersih dalam hari yang sama. Jika ini dilakukan, pekerjaan tak akan pernah ada habisnya. Contoh jadwal yang efektif adalah, Selasa untuk bersih-bersih kamar mandi, Rabu untuk membereskan kamar dan mencuci baju, Kamis di dapur (tapi jangan menumpuk piring kotor dalam seminggu, ya!) dst.

Simpan Pembersih Di Tempat KhususDengan menyimpan pembersih di tempat khusus yang mudah dilihat, gampang diingat, juga tak sulit dijangkau, banyak sekali waktu yang bisa dimanfaatkan. Misalnya, simpan pembersih, ember, spon, sikat toilet, lap, di wadah besar yang mempunyai gagang, jadi lebih praktis. Sementara untuk sapu, pembersih debu, dan alat pel disatukan dalam satu ruang. Jika rumah, lebih dari satu tingkat, maka lebih baik jika tiap lantai mempunyai, minimal 1 sapu.

Bersih Sesudah PakaiSedikit-sedikit menjadi bukit, cocok untuk menjelaskan tips yang satu ini. Plus cara ini juga bisa dilakukan bersama anggota keluarga. Caranya adalah setiap kali selesai menggunakan sebuah ruangan, sebut saja kamar mandi, langsung bersihkan cermin yang beruap atau terkena cipratan pasta gigi dan sabun dengan tisu yang sudah dibasahi air.

Sehabis makan bersama, setiap anggota keluarga harus langsung membersihkan remah atau kotoran yang berjatuhan di meja makan. Begitu makan malam selesai, meja sudah bersih seperti sedia kala. Sederhana tapi efektif, kan!

Jangan Buang WaktuYang salah dalam bersih-bersih dan membuat semua tertumpuk menjadi lebih banyak adalah kebiasaan menunda pekerjaan. Mulai sekarang, biasakan untuk langsung membereskan tempat tidur begitu bangun tidur. Selesai mandi dan melihat kamar sudah rapi, rasanya lebih segar, lho.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengenai membersihkan piring dan meja setelah makan, langkah selanjutnya adalah menggiring piranti kotor langsung ke tempat mencuci piring. Karena sebagian kotoran yang menempel sudah disingkirkan, cuci piring jadi lebih ringan. Lakukan hal yang sama dengan wajan, panci dkk, ya!

Sedikit Lebih BaikJangan biasakan menumpuk barang di berbagai tempat, pasalnya ini akan menyulitkan ketika membersihkan rumah. Misalnya pada furnitur dan aksesori, debunya akan semakin banyak. Jadi, lebih baik singkirkan pajangan yang tak perlu, ya!

Astrid Isnawati/Nova