Nikmatnya Makan Bersama Keluarga (2)

By nova.id, Jumat, 4 Desember 2009 | 17:05 WIB
Nikmatnya Makan Bersama Keluarga 2 (nova.id)

Berani MencobaVariasi menu makanan bisa membuat anak berani mencoba hal baru dalam hidupnya? Memang butuh kesabaran untuk membiasakan lidah mengecap makanan baru, tapi ini layak dicoba, lho.

Cara lain untuk mengembangkan keberaniannya adalah dengan membiarkan anak berpartisipasi memilih menu makanan baru yang ia inginkan, mengajaknya berbelanja bahan makanan, hingga memasak bersama.

Mengajak anak ikut menyiapkan makan bersama, akan timbul tanggung jawab dan rasa memiliki makanan tadi. Kebiasaan makan yang tidak dihabiskan pun akan terkikis plus kemampuan bekerja sama akan makin terasah.

Makanan yang disiapkan di rumah lalu disantap bersama, terbukti lebih bergizi dan sehat, karena mengandung lebih banyak buah, sayur, dan nutrisi penting lain. Beda dengan makanan cepat saji yang tinggi kadar minyak dan garamnya.

Tingkatkan PrestasiDengan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga saat makan bersama, prestasi sekolah Si Buah Hati akan lebih bagus.

Anak terlatih untuk memecahkan masalah dan berdiskusi dengan makan bersama. Ini berdampak pada peningkatan kemampuan berprestasi dan menyesuaikan diri. Manfaat lainnya, mencairkan ketegangan dan menurun pada keluarga sang anak, suatu hari nanti.

Banyak manfaatnya, ya! Karenanya, luangkan waktu, 6 kali atau lebih dalam seminggu untuk makan bersama. Malah, semakin bertambah usia anak, makan bersama harus lebih sering dilakukan. Jika perlu, buatlah jadwal makan bersama.

Yuk, makan bersama keluarga!

Astrid Isnawati/Nova