Hadapi Anak Berulah dengan Bijak (3)

By nova.id, Rabu, 2 Desember 2009 | 17:04 WIB
Hadapi Anak Berulah dengan Bijak 3 (nova.id)

Buat Jadwal Waktu BerkualitasPerbaiki hubungan dengan anak lewat waktu yang berkualitas. Anda bisa membuat daftar kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki hubungan dengan anak.

Usahakan kegiatan itu menjadi saat yang dinantikan anak, lalu terapkan secara konsisten agar anak menghargai komitmen Anda. Tak lupa, libatkan pasangan agar semakin lengkap kebahagiaan anak.

Manfaatkan Waktu SenggangDiluar jadwal aktivitas bersama, manfaatkan pula tiap peluang untuk membangun komunikasi yang baik. Anda bisa memulai kebiasaan menanyakan kabar anak melalui telepon. Atau menulis pesan singkat untuk mengungkapkan kerinduan Anda pada anak yang ditempelkan pada pintu lemari es, memasukkan bekal pada tas sekolah anak, dansebagainya.

Namun ingat, jangan membebani anak dengan upaya Anda. Misal, menghubungi saat anak sedang les atau aktivitas bersama teman-teman. Jika demikian, anak akan merasa tidak senang dengan kebiasaan ini. Di lain kesempatan ia akan menolak telepon dari Anda, orang tuanya.

Jika anak merasa didengarkan, dihargai dan dipahami, ia pun akan memahami, mendengarkan dan menghargai Anda.

Laili DamayantiModel: dian & avrilaFoto: eng naftaliLokasi: dolanan preschool, jl dharmawangsa ix/112A-jaksel, telp. 021-7208705