Apa Itu IMS?

By nova.id, Jumat, 27 November 2009 | 04:22 WIB
Apa Itu IMS (nova.id)

Apakah IMS itu?* IMS (Infeksi Menular Seksual) bisa juga disebut penyakit kelamin, yaitu penyakit-penyakit yang sebagian besar ditularkan melalui hubungan seks atau hubungan kelamin.

Apakah AIDS termasuk IMS? Apa itu IMS?* Ya, IMS adalah singkatan dari Infeksi Menular Seksual, bisa juga disebut penyakit kelamin yaitu penyakit yang ditularkan melalui hubungan seks.* IMS antara lain herpes, kencing nanah, raja singa, klamidia. Ada IMS yang bisa disembuhkan ada pula yang bisa dicegah.* Infeksi virus AIDS tidak bisa disembuhkan, pengidap AIDS bisa dipastikan meninggal.

Bila tertular IMS apakah resiko terinfeksi HIV bertambah?*Ya, pasti. Orang yang terkena IMS memiliki resiko lebih besar untuk terinfeksi HIV. Luka yang terbuka memberi jalan masuk bagi HIV, dia juga menjadi sumber penular IMS bagi orang lain.

Apa tanda atau gejala IMS?* Ada cairan yang keluar dari dalam kelamin (vagina, penis, dubur), dapat berupa nanah seperti pada kencing nanah, dapat berupa lendir dalam jumlah yang lebih dari biasanya, berbau, sedikit kental, dan berwarna yang terjadi pada perempuan dan sering dianggap sebagai keputihan.* Pedih atau panas ketika buang air kecil dan/atau melakukan hubungan seks.* Ada bentuk cembung pada kulit, lecet, ruam, berupa lenting atau lepuhan, seperti pada herpes genetalis, dapat juga berupa timbunan kutil, seperti pada jengger ayam.* Ada bentuk cekung pada kulit, berupa tukak/luka seperti raja singa (sifilis).* Ada kutu pada bulu kelamin.Biasanya tanda atau gejala diatas disertai beberapa gejala tambahan berupa nyeri pada perut bagian bawah (wanita), buah pelir (lelaki), nyeri di bokong dan kaki, demam, pewarnaan pada kulit biasanya merah disertai rasa nyeri, gatal atau ngilu. Gejala seperti itu meliputi demam, pusing, nyeri otot dan/atau pembengkakan kelenjar. Terkadang IMS tidak menunjukkan gejala atau hilang dengan sendirinya.

Apa yang harus dilakukan bila tertular IMS?* Segera kunjungi dokter dan habiskan obat yang diberikan.* Jangan berhubungan seks sebelum benar-benar sembuh.* Kalau terpaksa berhubungan jangal lupa kenakan kondom.* Untuk mencegah tertular IMS, selalu gunakan kondom tiap kali berhubungan seks.

Apakah benar bahwa lebih banyak pasangan seks akan lebih besar pula resiko tertular AIDS?* Bila Anda tidak melindungi diri, bahkan hubungan seks yang dilakukan pertama kalipun penuh resiko bila pasangan Anda sudah terinfeksi. Jadi bukan saja makin banyak pasangan akan makin besar pula resiko yang dihadapi, tapi juga setiap hubungan seks mengandung resiko.

Apah nyamuk menularkan HIV?* Tidak. Nyamuk tidak menyuntikkan, tapi menghisap darah. Nyamuk tidak menularkan HIV dari satu orang ke orang lain.* Virus HIV juga sangat rapuh di luar tubuh manusia, itu berarti virus segera mati bila dipindahkan ke luar tubuh manusia.

Amankah untuk mendonorkan darah, menindik, atau akupuntur?* Semua alat yang digunakan untuk melukai kulit harus disucihamakan dulu atau gunakan alat baru supaya bebas resiko. Karena bisa saja alat yang dipakai sudah tercemar darah yang mengandung HIV.

Okki