Yuk, Dukung Gerakan 30 Menit Jumat Bersih

By nova.id, Senin, 27 Mei 2013 | 03:40 WIB
Yuk Dukung Gerakan 30 Menit Jumat Bersih (nova.id)

Yuk Dukung Gerakan 30 Menit Jumat Bersih (nova.id)

"Foto: Swita "

Untuk dapat menanggulangi demam berdarah maka kerjasama antara pemerintah, kalangan industri, kalangan akademisi, dan unsur masyarakat sangat dibutuhkan agar dapat meningkatkan pemberdayaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Caranya adalah dengan 3M Plus (Menguras,Menutup, Mengubur serta Menghindari gigitan nyamuk) yang dilaksanakan setiap jumat selama 30 menit pada pukul 09.00-09.30 secara rutin,serentak dan sepanjang tahun.

Kerjasama Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIKMI),SC Johnson dan Indomaret merupakan kontribusi nyata upaya untuk mengendalikan demam berdarah sehingga tercipta lingkungan yang lebih sehat, lebih bersih dan lebih baik untuk ditinggali.

Kali ini giliran Kelurahan Kebon Jeruk tepatnya di Mesjid Al-Hikmah RW 02, Jalan Kebon Jeruk Raya. Tepat pada pukul 09.00-09.30 para juru pemantau jentik nyamuk (Jumantik) mengajak warga untuk melakukan Jumat Bersih dan menghilangkan genangan air yang berpotensi membuat jentik-jentik semakin banyak.

"Kualitas masyarakat dapat bisa tetap terjaga tapi harus ada upaya preventif dan pencegahan yang tepat. Yuk, para ibu coba saja rutin setiap minggu untuk membersihkan genangan-genangan air agar tidak ada jentik dan konsisten melakukannya sepanjang tahun," pinta Husein Habsy, Wakil Ketua AIKMI kepada tabloidnova.com saat ditemui usai jumpa pers di kawasan Kebon Jeruk (24/5).

Satu hal yang diyakini olehnya lagi bahwa ibu juga dapat berperan sebagai penyuluh dalam rumah dan melibatkan keluarga agar dapat menjaga kebersihan dan memberantas jentik nyamuk.

Swita