3 Menit Untuk Proteksi Kesehatan Seumur Hidup

By nova.id, Rabu, 15 Mei 2013 | 07:07 WIB
3 Menit Untuk Proteksi Kesehatan Seumur Hidup (nova.id)

3 Menit Untuk Proteksi Kesehatan Seumur Hidup (nova.id)

"Dr. Rama Tjandra "

Dijelaskan oleh Dr.Rama Tjandra,Sp.OG bahwa keputusan untuk menyimpan darah tali pusat adalah bagian penting dari perencanaan kehamilan dan persalinan yang harus dipertimbangkan oleh orang tua. "Stem cells adalah jawaban untuk beberapa penyakit yang hingga saat ini belum ada obatnya dan dapat memberikan harapan. Hanya ada satu kali kesempatan dalam seumur hidup untuk mengambil darah tali pusat, yaitu saat kelahiran. Apabila kesempatan ini terlewatkan, maka stem cell hanya dapat diambil dari sumber lain seperti sumsum tulang belakang melalui proses yang menyakitkan," ungkapnya panjang lebar.

Dokter kandungan ini juga memberikan penjelasan bagaimana prosedural untuk bisa menyimpan stem cell."Prosedur pengambilan darah tali pusat dilakukan segera setelah bayi dilahirkan. Tali pusat dijepit dan jarum dimasukkan ke dalam pembuluh darah tali pusat kemudian darah tersebut dialirkan ke kantong darah steril. Prosedur ini tidak menyakitkan dan sama sekali tidak berisiko baik bagi ibu dan bayi," tambahnya.

Pada tahun 2009, darah tali pusat diakui sebagai sumber stem cell yang paling umum digunakan dibandingkan dengan sumsum tulang belakang dan darah tepi dalam dunia pediatri.Hanya ada satu kesempatan untuk mengambil darah tali pusat sang bayi. Apabila terlewatkan, stem cell hanya dapat diambil dari sumber lainnya seperti sumsum tulang dan darah tepi, yang harus melewati prosedur yang cukup rumit serta menyakitkan. Andrew Ekaputra,PhD, Direktur Laboratorium Regional Cordlife mengungkapkan bahwa menyimpan darah tali pusat menjadi investasi jangka panjang guna pengobatan di masa depan."Pandangan orangtua yang menaruh kepercayaan kepada kami bahwa ini tak hanya sekedar menyimpan darah tali pusat bayi mereka saja jadi kami akan bekerja untuk masa depan anak mereka dengan layanan penyimpanan darah tali pusat yang berkualitas dan diandalkan,"jelasnya.

Ditambahkan lagi olehnya bahwa Cordlife yang telah berpengalaman 12 tahun lamanya berkomitmen sebagai mitra yang terpercaya dalan pengambilan, pemrosesan, dan penyimpanan stem cells darah tali pusat.Cordlife juga diakui secara global sebagai "Perintis Teknologi dalam Bidang Terapi Sel Mutakhir" pada saat World Economic Forum tahun 2007 di Jenewa.

Swita