75 Persen Orang Indonesia Lewatkan Gosok Gigi Malam Hari

By nova.id, Senin, 6 Mei 2013 | 14:18 WIB
75 Persen Orang Indonesia Lewatkan Gosok Gigi Malam Hari (nova.id)

75 Persen Orang Indonesia Lewatkan Gosok Gigi Malam Hari (nova.id)

"Foto:Ester "

Hal ini disampaikan Drg Mirah Afifah, GCClindent., MDSc selaku Professional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk., Senin (6/5) di Restoran Kembang Goela, Jakarta, dalam acara Unilever Ungkap Fakta Mengejutkan tentang Perilaku Menyikat Gigi dalam Keluarga.

Penelitian ini melibatkan 165 keluarga di Jakarta yang dilakukan selama 3 minggu. Tiap keluarga diberikan sikat gigi khusus (dimana di dalamnya terdapat chip yang akan mengukur ketika frekuensi dan durasi menyikat gigi tiap anggota keluarga) untuk mengetahui perilaku menyikat gigi. 

Penelitian serupa juga dilakukan secara global (online) di empat negara. Selain Indonesia, ada Perancis, India, dan Italia. 

"(Data) Ini sangat mengejutkan memang. Jelas harus ada program yang baik agar masyarakat mengerti dan paham tentang baiknya menyikat gigi di malam hari," ujar Ketua IDGAI drg Syarif Hidayat, SpKGA(K). 

Menyoal pernyataan Syarif, Pepsodent seperti yang disampaikan Mirah, menyatakan akanberkomitmen untuk fokus dan menitikberatkan kampanye Menyikat Gigi di Malam Hari kepada masyarakat.   

Memang, kata Mirah, menerapkan kebiasaan ini tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. "Berat bukan dari effort yang dilakukan, tapi kondisinya yang memprihatinkan. Mengubah perilaku itu kan tidak mudah, tapi kampanye ini akan terus dilakukan agar edukasi itu sampai ke masyarakat."

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menyikat gigi di malam hari sebelum tidur.

Mau punya tubuh yang sehat? Yuk, bersihkan gigi setiap hari!

Ester Sondang