Polda Punya Alat Pelacak Hacker

By nova.id, Selasa, 30 April 2013 | 11:05 WIB
Polda Punya Alat Pelacak Hacker (nova.id)

Polda Punya Alat Pelacak Hacker (nova.id)

"Foto: Laili "

"Rencananya, satelit ini akan dibangun di lima wilayah kepolisian daerah. Mabes Polri sudah memiliki satelit ini sejak tahun 2010," ungkap Nanan di hadapan para awak media.

Masih menurut Nanan, satelit ini akan digunakan untuk memperkuat penyelidikan kasus-kasus kriminal dunia maya yang kian banyak terjadi. Mengingat perkembangan dunia yang semakin maju dan penggunaan internet yang semakin meningkat sehingga peluang terjadinya kriminalitas juga meningkat.  Maka pengadaan satelit ini dirasakan sangat perlu untuk dikembangkan di beberapa wilayah. "Ini merupakan kerjasama police to police untuk menangani kasus trans nasional, khusus kasus cyber crime seperti halnya juga terorisme," tukas Nanan.

Sebagaimana diketahui, jaringan terorisme kerap berkomunikasi salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas internet, baik e-mail maupun yang lainnya. Di samping itu, lanjutnya, fungsi satelit ini juga untuk melacak keberadaan para hacker yang merusak situs-situs yang ada. Dimana para hacker ini cukup berbahaya bagi kegiatan perbankan juga milik pribadi seperti situs presiden.

"Semogaa satelit ini bisa digunakan untuk mengungkap kasus-kasus cyber," pungkas Nanan.

Laili