Hashtag ShameOnYouSBY Jadi Trending Topic Dunia

By nova.id, Jumat, 26 September 2014 | 09:37 WIB
Hashtag ShameOnYouSBY Jadi Trending Topic Dunia (nova.id)

Hashtag ShameOnYouSBY Jadi Trending Topic Dunia (nova.id)

"(ilustrasi: KOMPAS.COM) "

TabloidNova.com - Dini hari tadi akhirnya rapat DPR mensahkan RUU Pilkada yang memutuskan pemilihan kepala daerah berlangsung melalui DPRD, bukan melalui skema pemilihan langsung oleh masyarakat.

Akibatnya, secara otomatis pada pemilihan kepala daerah mendatang, rakyat akan kehilangan hak suaranya. Kebijakan ini pun dianggap tidak berpihak pada rakyat dan langsung menuai ancaman keras, terutama di dunia maya.

Khususnya di Twitter, kicauan protes soal pengesahan RUU Pilkada ini dilontarkan oleh jutaan pengguna. Di Twitter, para pengguna mengecam aksi Koalisi Merah Putih yang memang sejak awal mendukung lolosnya RUU pilkada ini. Selain itu, kecaman terbesar ditujukan kepada Presiden Susilo bambang Yudhoyono selaku Ketua Umum Partai Demokrat, saat di menit-menit akhir rapat, seluruh anggota Fraksi partai Demokrat memilih melakukan aksi walk out.

Hasilnya, tagar (hastag) #ShameOnYouSBY pun menjadi kata wajib yang menyertai berbagai komentar kecaman tersebut. Menurut pantauan KompasTekno, tagar #ShameOnYouSBY mulai ramai bermunculan di linimasa Twitter di Indonesia sejak Jumat (26/9) pagi. Bahkan puncaknya, di sekitar pukul 10.00 pagi tadi, tagar tersebut menjadi pemuncak trending topic di seluruh dunia.

Kepopuleran tagar #ShameOnYouSBY di tingkat dunia tak lepas dari jumlah pengguna Twitter yang besar di Indonesia. Bahkan, kota Jakarta pun pernah dinobatkan sebagai salah satu kota paling "cerewet" di jagat Twitter.

Yetta Angelina / Sumber: Kompas.com