Monas Ditata Ulang, Jadwal Kunjungan Diperbaharui

By nova.id, Senin, 15 September 2014 | 04:53 WIB
Monas Ditata Ulang Jadwal Kunjungan Diperbaharui (nova.id)

Monas Ditata Ulang Jadwal Kunjungan Diperbaharui (nova.id)

"Salah satu landmark Ibu Kota, Monumen Nasional (Monas) (foto: KOMPAS.COM) "

TabloidNova.com - Jika Anda berkeinginan untuk mengunjungi salah satu landmark ternama ibukota, yakni Monumen Nasional (Monas) dalam waktu dekat ini, maka cermatlah mengamati perubahan jam kunjungan yang akan segera diberlakukan. Alasannya, karena mulai Senin (15/9) ini, di sekitar area Monas akan diberlakukan proses penataan dan pembenahan serta konsolidasi internal.

Kepala Unit Pengelola Monas, Rini Haryani, menyebutkan bahwa penetapan perubahan jam kunjungan tersebut akan mulai efektif diberlakukan hari ini. Melalu pesan singkat, Rini membeberkan bahwa untuk sementara, setiap Selasa hingga Minggu, Monas dibuka mulai pukul 04.00 WIB-20.00 WIB. Sementara di hari Senin, Monas dibuka mulai pukul 04.00 hingga 10.00 WIB saja.

(Baca juga: Jakarta Lebih Mahal Dibandingkan Hongkong dan New York?)

"Ini dengan harapan dapat mengurangi tingkat kriminalitas dan adanya perbuatan-perbuatan melampaui batas dari pasangan muda-mudi yang berkunjung ke Monas," tegas Rini.

Selain itu, kebijakan pembatasan jam kunjungan juga diambil dengan harapan jumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) akan berkurang. "Dalam rangka pembenahan ini, saya harap kerjasamanya dengan pihak terkait. Semoga ini berjalan dengan lancar. Menurut saya, dengan dibatasinya jadwal kunjungan, PKL menjadi berkurang. Sebab tidak ada pengunjung."

(Baca juga: Kisah Jasa Penyewaan Sepeda di Kota Tua)

Soal PKL, Rini mengaku tidak akan banyak bertenggang rasa lagi. Jika ada protes dari PKL pun, Rini akan tetap berpedoman pada Perda no. 8 tentang ketertiban umum.

"Saya sudah enggak mau tahulah. Saya tahu mereka mencari nafkah untuk makan. Tapi tidak di trotoar jalan atau di sekitaran Monas. Ini, kan, ada aturannya. Saya pun berharap pihak aparat terkait dapat membantu kami," ujar Rini tegas.

Yetta Angelina / Sumber: Tribunnews.com