Istri Mendiang Henk Ngantung Tutup Usia

By nova.id, Kamis, 4 September 2014 | 08:15 WIB
Istri Mendiang Henk Ngantung Tutup Usia (nova.id)

Istri Mendiang Henk Ngantung Tutup Usia (nova.id)

"Hetty Ngantung, istri mendiang Henk Ngantung, meninggal dunia di usai 75 tahun (Foto: WARTA KOTA) "

TabloidNova.com - Berita duka datang dari keluarga almarhum Gubernur Jakarta yang ke-7, Henk Ngantung. Sang istri, Hetty Evelyn Ngantung Mamesah, meninggal dunia di usia 75 tahun, rabu (3/9) lalu di Rumah Sakit Universitas Kristen Indonesia (UKI), Cawang, Jakarta Timur. Sebelumnya, Hetty memang sudah menjalani perawatan intensif di RS tersebut. Saat tutup usia, Hetty diketahui meninggalkan empat anak dan delapan cucu.

Hetty menikah dengan Henk di tahun 1964, bertepatan dengan dimulainya masa jabatan Henk sebagai Gubernur Jakarta ke-7. Henk sendiri menjabat sebagai Gubernur Jakarta hingga tahun 1965.

Pria bernama lengkap Hendrik Hermanus Joel Ngantung ini dikenang sebagai satu-satunya gubernur non-muslim hingga kini. Henk meninggal dalam usia 71 tahun pada 12 Desember 1991.

Sepeninggal Henk, Hetty menetap di rumahnya yang sederhana di Gang Jambu Nomor 25 RT 07 RW 04, Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur. Hingga saat ini, mendiang masih disemayamkan di rumah duka RSPAD. Rencananya, jenazahnya akan dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Jumat (5/9) besok.

Meski tak banyak yang mengingat kiprah Henk sebagai Gubernur Jakarta, namun belakangan ini keluarga Henk, termasuk Hetty, bisa mencicipi kehidupan yang layak berkat perhatian dan bantuan yang kerap diberikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta saat ini, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Bahkan, menurut pengakuan putra ketiga Henk, Kamang Solana Ngantung (46) kepada Kompas.com, Ahok rutin memberikan bantuan sejumlah Rp 3 juta per bulan pada keluarga mereka. Bantuan itu sudah setahun belakangan diberikan Ahok.

Bantuan itu, lanjutnya, berasal dari kantong pribadi Ahok. "Kata Pak Ahok, 'Bu ini dari uang pribadi saya, ya, Bu'," ujar Kamang.

Yetta Angelina / Sumber: Kompas.com