Puding Lapis Buah Ubi Ungu

By nova.id, Jumat, 23 April 2010 | 03:15 WIB
Puding Lapis Buah Ubi Ungu (nova.id)

Bahan A:

250 gr ubi ungu, kukus, haluskan600 ml susu cair1 bks agar-agar putih75 gr gula pasir1 lbr daun pandan¼ sdt garamBahan B:

800 ml susu cair125 gr gula pasir1 bks agar-agar putih¼ sdt garam1 btr kuning telur, kocok lepas1 sdt esens vaniliBahan C:

600 ml air1 bks agar-agar putih125 gr gula pasir1 bh kiwi, potong-potong1 klg jeruk mandarin5 bh stoberi segar, iris 4 bagian

Cara Membuat:

1. Siapkan ring dengan diameter 18 cm dan tinggi 7 cm, alasi bagian bawah dengan almunium foil. Sisihkan.2. Campur ubi ungu dan susu cair, aduk rata, saring. Tuang dalam panci, tambahkan agar-agar, gula pasir, daun pandan dan garam, aduk rata. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Tuang 2 sendok sayur adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, biarkan beku. Sisihkan.3. Masukkan semua bahan B kecuali kuning telur, dalam panci, aduk rata. Masak hingga sampai mendidih sambil diaduk. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuang ke dalam kocokan kuning telur. Aduk rata. 4. Tuang campuran kuning telur ke dalam adonan susu (lihat nomor 3), aduk rata. Masak sampai mendidih. Angkat. Ambil 1 sendok sayur adonan tuang ke dalam loyang yang sudah berisi puding A. Biarkan dingin, setelah dingin, tuang lagi adonan A, lakukan berseling hingga adonan A dan B habis. Biarkan dingin. Masukkan dalam kulkas.4. Susun potongan buah (Bahan C) pada permukaan puding.5. Masak sisa bahan C, aduk hingga mendidih.6. Tuang sisa adonan C. Biarkan dingin dan mengeras. Simpan dalam kulkas. Sajikan dingin.

Untuk 10 potong

Resep: Dahrani Putri, Uji Dapur: Klub Nova, Penata Saji: T. Firta Hapsari, Foto : Adrianus Adrianto