Mona Ratuliu: Kami Merasa Semangat Lagi

By nova.id, Selasa, 24 Maret 2015 | 05:11 WIB
Mona Ratuliu Kami Merasa Semangat Lagi (nova.id)

Tabloidnova.com - Dalam mengasuh anak, bintang sinetron Mona Ratuliu memiliki konsep berkeluarga yang menurutnya harus seimbang. Artinya, bukan hanya ibu yang bertanggung jawab dan terlibat penuh dalam merawat dan mendidik anak di rumah, melainkan juga sang ayah.

Dan konsep itu jugalah yang diterapkan dalam keluarga Mona dan sang suami, Indra Brasco, dalam mengasuh ketiga anak mereka. "Aku kira sampai sekarang masih banyak ya, keluarga di Indonesia yang masih menumpahkan tanggung jawab mengasuh anak ke ibunya saja, sementara ayahnya hanya bertanggung jawab pada urusan pekerjaan saja," kata Mona.

Padahal, lanjut Mona, keberadaan ayah dalam merawat dan mendidik anak juga sama pentingnya dengan yang ibu lakukan. "Jadi kami konsisten, sebelum berangkat kerja, suamiku pasti akan temani anak-anak dulu, misalnya sarapan dan main sebentar sebelum kerja. Suamiku kerja dari jam 11.00 sampai jam 16.00. Kalau enggak ada meeting sampai malam, dia pasti akan langsung pulang ke rumah," papar Mona.

Akan tetapi jika suaminya terpaksa ada meeting hingga malam, Mona akan selalu mengusahakan untuk ada bagi anak-anaknya di rumah. Sebaliknya, jika Mona yang ada pekerjaan hingga sore hari, "Biasanya suamiku akan pulang lebih cepat dan menggantikan aku mengasuh anak-anak di rumah. Lagi pula aku enggak bekerja setiap hari, kan. Jadi aku dan suami bisa bergantian menjaga anak-anak."

Dengan menerapkan konsep keluarga yang seimbang ini, lanjut Mona, ketiga anaknya menjadi dekat dengan ibu dan ayahnya, tidak hanya salah satunya saja. "Pendekatan antara ayah dan ibu ke anak, kan, biasanya agak beda, ya. Nah, karena kami sama-sama terlibat dalam mengasuh anak, jadinya ketiga anak kami bisa merasakan bagaimana ayahnya saat menangani anak-anak, begitu juga saat ibunya yang menangani mereka," terang Mona lagi.

Sejauh ini, kata Mona, urusan anak-anak yang selalu jadi prioritas mereka, tidak pernah terganggu atau memicu menjadi masalah dalam keluarga. "Memang ada kalanya sehabis bekerja aku atau suami merasa capek. Tapi justru melihat anak-anak sehat dan tumbuh dengan baik bisa bikin kami merasa semangat lagi."

Intan Y. Septiani/Tabloidnova.com