Pengidap Diabetes Boleh Puasa, Kok!

By nova.id, Jumat, 27 Maret 2009 | 03:53 WIB
Pengidap Diabetes Boleh Puasa Kok! (nova.id)

"Diabetes Mellitus (DM) adalah kelainan dalam tubuh yang ditandai tingginya kadar glukosa darah secara kronis," papar dr. Aris Wibudi, Sp.PD, dari RSPAD Gatot Soebroto.

Ada 4 tipe DM, antara lain DM tipe 1 yang tidak ada hubungannya dengan faktor keturunan dan biasanya terjadi pada orang-orang yang sangat muda dan usia dini. DM tipe II disebabkan faktor keturunan dan lingkungan (pola makan dan pola hidup). Biasanya, rentan pada wanita dan orang muda yang kegemukan di bagian perut (obesitas sentral). DM tipe III terjadi hanya pada saat kehamilan (diabetes kistasional). DM Tipe IV diakibatkan oleh suatu penyakit atau obat-obatan.

PANTAU KADAR GULA DARAH Penderita DM boleh puasa? "Boleh saja, selama tidak ada komplikasi," tegas Aris. Agar aman berpuasa, berikut yang perlu diperhatikan. Yang Tidak Boleh! 1. Menggunakan dosis obat tinggi dan lebih dari satu macam. 2. Menggunakan insulin lebih dari 45 unit per hari (diabetes lanjut). Yang Harus Dilakukan! 1. Konsultasi ke dokter gizi untuk pola makan yang tepat. 2. Selalu kontrol kadar gula darah. 3. Konsumsi obat sesuai ketentuan dokter. 4. Saat sahur disarankan minum obat berdosis rendah.

MULAI DENGAN TEH HANGAT Berikut tips pengaturan makan penderita DM pada saat puasa. - Buka puasa dengan secangkir teh hangat (gula satu sendok), hindari makanan bersantan dan gula. - Makan besar setelah salat Magrib. - Selesai tarawih, makan tiga batang biskuit bergula untuk menjaga kadar gula. - Saat sahur, makan dengan jumlah normal sarapan, perbanyak porsi sayuran, hindari lemak tinggi.

4 KIAT CEGAH DM 1. Ketahui betul apa, bagaimana pengobatan, dan komplikasi yang ditimbulkan DM. 2. Lakukan aktivitas fisik teratur. 3. Kendalikan glukosa darah dengan mengontrol asupan makanan. 4. Lakukan tes gula darah.

TES GULA DARAH "Yang berpotensi terkena DM sebaiknya melakukan tes 3-6 bulan sekali, dan mereka yang tidak ada masalah, wajib melakukannya setahun sekali," jelas Aris. Gula darah yang normal saat puasa berada di bawah 100 mg/dl dan sesudah makan tak lebih dari 140 mg/dl.

HATI-HATI ANAK GEMUK! DM tipe 1 belakangan juga ditemukan pada anak yang menderita obesitas. Anda bisa mencegah DM pada si kecil dengan mengelola pola makannya, dan ajak si kecil berolahraga serta batasi waktu si kecil di depan televisi. Ratih Sukma Pertiwi