4 Langkah Temukan Pengasuh Impian (2)

By nova.id, Selasa, 6 Oktober 2009 | 21:25 WIB
4 Langkah Temukan Pengasuh Impian 2 (nova.id)

3. Buat Si Kecil & Pengasuhnya Merasa NyamanSebelum Anda pergi meninggalkan rumah, pastikan pengasuh tahu persis situasi rumah. Saran pakar, sebelum si pengasuh benar-benar bekerja, ajak ia berkeliling rumah dan beri ia kesempatan berkenalan sekaligus berakrab-akrab dengan Si Kecil.

Membuat anak terbiasa dekat dengan pengasuhnya akan memudahkan masa penyesuaian, sehingga tak perlu ada "kehebohan" di saat Anda mendadak terpaksa meninggalkannya di malam hari. Jangan lupa, tunjukkan dan jelaskan pula hal-hal kecil, seperti kunci di setiap pintu, sistem keamanan, maupun alarm.

Tentu saja Anda patut menghargai waktu ekstranya dengan memberi bayaran meski ia belum mengasuh Si Kecil. Soal gaji, Anda wajib menegosiasikan jauh-jauh hari. Meski beragam, tak ada salahnya tanya kiri-kanan, berapa kisaran gaji pengasuh di wilayah Anda tinggal.

Bila Anda menginginkan pengasuh melakukan tugas lain di luar pengasuhan, bicarakan sejak awal. Namun, bila anak masih bayi, sebaiknya pikirkan lagi. Anda tentu tak ingin, kan, ia cemas memikirkan tumpukan cucian piring atau lantai yang belum disapu?

Kondisikan agar ia hanya konsentrasi mengurus bayi. Jangan segan-segan pula melibatkan semua anggota keluarga melakukan tugas rumah, seperti menyapu rumah dan lainnya.

4. Ketika Harus Keluar MalamSebelum memutuskan pergi di malam hari, berikan nomor ponsel Anda dan suami kepada pengasuh. Begitu juga nomor-nomor lokal yang perlu dihubungi dalam keadaan darurat, seperti rumah sakit, pemadam kebakaran dan kantor polisi terdekat.

Pastikan pula Anda memberi penjelasan mendetail soal jadwal Si Kecil yang harus diketahui pengasuh, seperti jam Si Kecil harus minum susu dan jam ia harus ditidurkan. Bayi dan anak kecil adalah sosok hasil pembiasan. Jadi, pastikan Si Kecil merasa aman dan nyaman di tangan pengasuh.

Bila Si Kecil terbiasa memeluk boneka beruangnya, biarkan ia tetap memeluk bonekanya selama Anda pergi. Begitu merasa yakin Si Kecil di tangan pengasuh, Anda pasti akan tenang meninggalkannya. Dan di saat tak bersamanya, jangan terkejut bila Si Kecil jadi bahan pembicaraan favorit Anda sepanjang waktu!

Paskaria