Lima Kesalahan saat Pilih Pengasuh Anak

By nova.id, Minggu, 4 Oktober 2009 | 19:01 WIB
Lima Kesalahan saat Pilih Pengasuh Anak (nova.id)

Lima Kesalahan saat Pilih Pengasuh Anak (nova.id)

"Foto: Dok. Nakita "

1. Tidak menghargai jerih payah pengasuh baru untuk jam-jam tambahan yang dihabiskannya sebelum resmi menjalani tugas. Padahal, tugas ekstra ini ia lakukan untuk mengenal karakter Si Kecil, sekaligus rutinitasnya sehari-hari di rumah bersama Si Kecil.

2. Tidak menegaskan apa saja peraturan yang berlaku dan apa pula harapan Anda, hanya karena mempekerjakan seorang kerabat, misalnya. Padahal, siapa pun ia, seharusnya ada kesepakatan dari kedua belah pihak mengenai tugasnya sebagai pengasuh anak.

3. Saat meninggalkan rumah, Anda lebih sering pergi diam-diam daripada memberi ciuman sayang dan lambaian tangan buat Si Kecil. Selama Anda tak berada di rumah, sebaiknya secara berkala jalin kontak dengan si pengasuh untuk menanyakan perkembangan Si Kecil.

4. Tidak meninggalkan nomor telepon yang mungkin dibutuhkan pengasuh baru, termasuk nomor ponsel Anda yang justru pasti dibutuhkannya saat dalam kondisi darurat.

5. Tidak memberi tip sepantasnya saat pengasuh melakukan jasa besar. Percayalah, memberi perhatian ekstra bagi pengasuh merupakan hal yang tak bisa dinilai dengan uang. Anda wajib mempertahankannya, karena dialah yang Anda jadikan orang kepercayaan untuk mengasuh Si Kecil.

Paskaria