Mudik Yuuuk! (1)

By nova.id, Rabu, 16 September 2009 | 17:40 WIB
Mudik Yuuuk! 1 (nova.id)

Mudik Yuuuk! 1 (nova.id)

"Foto: Romy Palar/NOVA "

Tahun lalu, boleh saja Anda dan pasangan memutuskan tidak mudik ke rumah orangtua di luar kota. Namun, bila kali ini Anda berdua berencana mudik bersama Si Kecil, tentu harus ada persiapan yang perlu dipertimbangkan.

Jangan sampai Si Kecil merasa bosan selama di perjalanan. Bila Si Kecil merasa senang, tentu Anda dan pasangan pun akan ikut senang, bukan? Ya, membayangkan berlibur ke kampung halaman akan membangkitkan memori mendalam yang tak ternilai, begitu pula dalam benak Si Kecil.

Nah, jika Anda akan mengajak Si Kecil mudik tahun ini ke rumah nenek dan kakeknya di luar kota, simak tips berikut agar perjalanan terasa menyenangkan tanpa rasa bosan! Utamakan KesehatanSebelum memutuskan mudik, pastikan Anda mengetahui kondisi fisik dan kesehatan putra putri kesayangan Anda. Apakah Si Kecil dalam kondisi sehat dan prima ataukah sedang sakit ringan seperti flu atau demam.

Mengetahui kondisi buah hati sebelum bepergian jauh memang amat penting, sebab perjalanan jauh memerlukan kondisi kesehatan yang baik, meski perjalanan ditempuh dengan pesawat terbang sekalipun.Sangat tidak menyenangkan, kan, bila selama mudik kondisi Si Kecil ternyata kurang sehat. Asiknya berlibur di Hari Raya tentu akan terganggu, Anda pun akan repot bila tiba-tiba harus ke dokter bila terjadi sesuatu kepada Si Kecil.

Jadi, sebaiknya ke dokter langganan dulu untuk mengantisipasi kondisi Si Kecil. Mintalah vitamin yang biasa dikonsumsi anak, meski kondisi tubuhnya sehat dan prima untuk menjaga agar staminanya tetap terjaga.

Jika masih kurang fit, sebaiknya tunda keberangkatan sampai Si Kecil sembuh benar. Bila keadaan memaksa harus tetap pergi, persiapkan obat-obatan yang diperlukan. Namun, Anda tetap harus menggagalkan mudik bila anak Anda benar-benar dalam kondisi tak layak untuk pergi jauh.

Ikuti saran dokter dan istirahat yang cukup. Beri penjelasan kepada anak agar ia tak kecewa, dan persiapkan hadiah penggantinya. Misalnya calengan baru, buku cerita baru, menonton film anak di bioskop, atau ke tempat wisata di dalam kota. Dahulukan Perlengkapan Si KecilBiasanya, dalam proses mempersiapkan keberangkatan liburan ke luar kota, Anda akan disibukkan dengan mengurus perlengkapan seluruh anggota keluarga, termasuk kebutuhan Si Kecil."Huru hara" dalam mempersiapkan segala hal ini biasanya membuat Anda melupakan 1-2 hal yang justru penting untuk dibawa. Untuk mengantisipasinya, buat daftar perlengkapan yang harus dibawa.

Mulailah dari perlengkapan Si Kecil. Kebutuhan anak-anak memang terlihat simpel, tapi benar-benar dibutuhkan dan diperlukan. Bawa segala kebutuhan Si Kecil, termasuk obat-obatan. Jangan lupa pakaian, alat mandi, susu, makanan, botol susu, lap pembersih higienis, termasuk selimut, kaos kaki, dan baju hangat.

Bawalah setiap perlengkapan lebih dari jumlah biasanya. Tujuannya, untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu. Setelah mendaftar perlengkapan Si Kecil, baru lanjutkan ke perlengkapan keluarga lainnya.Setelah menyusun perlengkapan, cek ulang bawaan Anda dan keluarga sesuai dengan daftar, agar tak ada barang yang tertinggal atau belum dimasukkan ke dalam koper.

Afra Mayriani