Yang Sopan, Ya, Sayang

By nova.id, Jumat, 29 Mei 2009 | 17:22 WIB
Yang Sopan Ya Sayang (nova.id)

Mungkin terlihat sepele, tetapi mengajarkan tata krama kepada anak-anak sangatlah penting. Anak-anak yang tumbuh tanpa tata krama, cenderung sulit bersosialisasi di masyarakat luas.Nah, "tugas" mengajarkan tata krama kepada anak-anak bukan saja kewajiban orangtua, tetapi juga guru, kerabat, dan anggota keluarga yang lain. Dan harus dimulai sedini mungkin.

HORMATRasa hormat kepada orang yang lebih tua dan kepada sesama teman merupakan dasar utama dalam mengajarkan tata krama bagi anak-anak.Misalnya menggunakan kata Bapak, Ibu, Kakak, dan sebagainya untuk memanggil orang yang lebih tua, mendengarkan dengan sopan bila orang yang lebih tua sedang berbicara, dan meminta izin jika ingin meminjam barang milik orang lain.Ajari anak untuk mengerti apa konsekuensi bila tata krama ini tidak dilakukan dengan benar dan baik.

DI MEJA MAKANJangan anggap sepele tata krama di meja makan. Tata krama di meja makan dapat diajarkan kepada anak-anak saat mereka mulai makan di meja makan.Hari libur merupakan saat yang tepat untuk mempraktikkannya. Ajari mereka etika makan yang paling umum. Misalnya mendahulukan orang yang lebih tua, tidak berbicara pada waktu makan, tidak meninggalkan meja makan bila yang lain belum selesai (kecuali terpaksa).Kenalkan juga mengenai berbagai macam makanan dari berbagai daerah atau negara serta cara menyantapnya yang benar.

BERTAHAPAjarkan tata krama secara bertahap, jangan bersamaan. Sebaiknya, ada kerja sama antara guru dan orangtua. Guru memberitahukan kepada orangtua jenis tata krama yang sedang diajarkan, sehingga orangtua dapat mempraktikkannya di rumah dan menanyakan kembali perkembangannya.

TIPS*Beri pujianAnak-anak memerlukan dukungan yang konstan dan positif dari orang-orang dewasa yang berada di lingkungannya. Bila anak lupa, jangan bosan untuk selalu mengingatkan mereka untuk bersikap sopan.* Ajarkan menyumbangAjari si kecil arti cinta kasih melalui kegiatan berderma dan menyumbang.* Berikan contoh nyata!Jangan pernah berharap anak-anak dapat mempraktikkan tata krama yang baik dan benar bila Anda sendiri tidak mempraktikkannya.

ALINE