Tetap Sehat Selama Musim Flu

By nova.id, Jumat, 9 Oktober 2009 | 17:04 WIB
Tetap Sehat Selama Musim Flu (nova.id)

Tetap Sehat Selama Musim Flu (nova.id)

"Waspadai gejala flu pada anak (Foto: Agus Dwianto/Nova) "

1. Biasakan agar seluruh anggota keluarga mencuci tangan dengan sabun secara teratur. Jika setiap orang selalu memperhatikan kebersihan tangannya, virus akan kehilangan tempat favoritnya untuk bertualang.

2. Mata dan hidung merupakan tempat favorit masuknya virus flu. Oleh karena itu, sebaiknya beri pengertian atau perhatikan agar anak-anak tidak menyentuh bagian tubuh tersebut selama musim flu, terutama jika ia mulai bersin-bersin.

3. Jika memungkinkan, seluruh anggota keluarga sebaiknya menghindar bertatap mata/muka dengan orang yang sedang terserang flu atau deman. Jika teman si kecil terlihat mengidap gejala-gejala seperti bersin-bersin atau mata merah, sebaiknya jangan biarkan dia menginap atau tidur bersama si kecil.

4. Begitu anak terlihat jelas mempunyai tanda-tanda atau gejala flu, sebaiknya ingatkan mereka menutup mulut setiap kali batuk, mengeluarkan ingus, dan ketika bersin. Ini untuk menghindari bakteri menyebar.

Sebaiknya bekali mereka tisu atau saputangan dan katakan untuk langsung membuang tisu bekas pakai ke tempat sampah. Dalam keadaan "darurat", mereka dapat menggunakan kedua tangan tapi ingatkan agar langsung mencuci kedua tangan atau lekukan tangan dengan sabun.

5. Bersihkan wadah pakaian kotor, daerah dekat mesin cuci, tempat cucian piring, serta wastafel dengan cairan pembasmi kuman. Terutama jika salah satu anggota keluarga sudah terserang flu atau demam.

6. Hindari menggunakan peralatan minum/makan yang sudah dipakai penderita flu/demam. Sebaiknya cuci bersih peralatan makan/minumnya dengan air hangat dan sabun. Virus atau bakteri flu/deman dapat bertahan hidup di permukaan selama 3 jam

7. Usahakan seluruh keluarga menyantap makanan sehat dengan diet yang seimbang. Lakukan olahraga teratur dan cukup tidur. Tubuh tidak mungkin mempunyai sistem kekebalan tanpa adanya kesehatan yang cukup baik.

Dok.NOVA