Tip Nyaman Berkendara

By nova.id, Senin, 5 Oktober 2009 | 17:06 WIB
Tip Nyaman Berkendara (nova.id)

Tip Nyaman Berkendara (nova.id)
Tip Nyaman Berkendara (nova.id)

"Foto: Dok. Otomotif "

1. Atur posisi duduk yang benar. Perjalanan jauh akan membuat otot kita pegal, hindari dengan lebih memperhatikan posisi punggung, bokong dan kursi ketika kita duduk. Tip ini berlaku baik bagi pengemudi ataupun penumpang. Buatlah sandaran duduk yang ideal. Dengan cara membentuk sudut 110 derajat dengan paha dan pastikan jangan memajukan punggung kita ketika ingin menekan pedal, demikian saran dari Dr.Megah Imeyati Senduk, Sp.RM, Physical Medicine and Rehabilitation Specialist dari Rumah Sakit Siloam di Lippo Karawaci.

2. Untuk mengantisipasi segala kondisi di jalan raya, hindari menumpangkan siku ke jendela karena akan mengganggu saraf yang berkibat melemahkan kekuatan tangan kita. Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs securitydriver, posisi tangan yang paling ideal adalah menggenggam setir dengan kedua jemari tangan, termasuk ibu jari. Lalu, buat sudut siku sebesar 120 derajat (posisi jam 9 lewat seperempat).

3. Hindari penggunaan sandal jepit yang licin dan mudah menyangkut di pedal. Saat berkendara gunakanlah alas kaki tanpa hak dengan sol karet agar kaki tidak cepat lelah dan mudah bergerak.

4. Jangan lupa gunakan selalu lumbar support (penyangga punggung bawah) atau gulungan handuk.Dan atur sandaran kepala sejajar dengan ujung telinga atas.

5. Untuk mencegah terjadinya cidera pada bantalan tulang belakang, hindari mengangkat benda berat usai berkendara. Lakukanlah pereganggan otot setiap 1 jam perjalanan selama 5 menit.

Sumber: Prevention Indonesia