Asupan Tepat Kaya Manfaat

By nova.id, Jumat, 25 September 2009 | 17:04 WIB
Asupan Tepat Kaya Manfaat (nova.id)

Asupan Tepat Kaya Manfaat (nova.id)

"Foto: Dok.Nova "

Manfaat : Menjaga elastisitas kulit, membantu tubuh melakukan penyerapan zat besi, meningkatkan pembuangan feses, mencegah gusi berdarah, dan sebagai antioksidan. Penelitian di Massachusetts Technology Institute juga menambahkan, vitamin C dapat menangkal racun di dalam tubuh kita yang bisa menjadi penyebab kanker.

Dapatkan vitamin C terbaik pada buah kuning dan asam,seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi. Temukan juga dalam asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.

Takaran secara umum, asupan yang dianjurkan sebanyak 75-2.000 mg per hari. Tapi, kebutuhan akan vitamin C harus disesuaikan dengan gaya hidup yang kita jalani setiap hari. Sebagai contoh, perokok membutuhkan asupan vitamin C jauh lebih banyak sebab dengan merokok mereka akan kehilangan kadar vitamin C dalam darah hingga 25%.

Catatan : konsumsi vitamin C secara berlebih (<5000 mg per hari) sangat tidak dianjurkan pada wanita yang sedang hamil. Mengapa? Menurut penelitian dari Oregon Health & Science University, mengkonsumsi secara berlebih dapat membuat janin kecanduan terhadap vitamin C.(Lily Turangan /Astrid Anastasia)

Sumber: Prevention Indonesia