Makanan Sisa, Dibuang Sayang (2)

By nova.id, Sabtu, 19 September 2009 | 17:02 WIB
Makanan Sisa Dibuang Sayang 2 (nova.id)

# 4. Daging GilingDaripada menggunakan daging giling segar yang sudah pasti jauh lebih mahal, manfaatkan saja daging giling sisa sebagai isian untuk kue-kue sejenis pastel. Jika daging giling sisa sudah terlihat kelewat basah karena banyaknya kandungan lemak, jangan lupa tiriskan terlebih dulu.

Bila sisa daging giling berjumlah cukup banyak, taruh di wadah tahan panas dan sajikan sebagai penutup kentang bakar, lalu taburi keju. Atau jadikan sajian pai yang mudah dan cepat pengolahannya. Sajian sepinggan ini bisa dijadikan bekal sekolah anak penuh gizi, atau untuk acara makan malam keluarga.

# 5. KejuJangan langsung buang bagian ujung keju batang yang agak sulit saat diparut. Begitu juga parutan keju yang tersisa. Bekukan saja dalam freezer. Sesaat setelah dikeluarkan dari freezer, Anda bisa langsung menggunakan sisa parutan keju sebagai taburan di atas sajian pai asin, lasagna, schotel, atau sajian sepinggan lain yang membutuhkan keju parut sebelum dipanggang.

Sedangkan keju lembut yang tersisa, masih bisa digunakan dalam pembuatan cake. Keju parmesan yang tersisa pun kelewat sayang untuk dibuang begitu saja. Simpan saja sisa keju parmesan di dalam freezer.

Saat akan digunakan, tambahkan ke dalam sup sekitar 15 menit, sebelum hidangan hangat ini disajikan. Keju parmesan akan meleleh dan memberi aroma lezat, tanpa harus menambahkan garam. Lebih sehat, bukan?

# 6. Sayuran MatangMenu favorit dari olahan sayuran matang yang tersisa adalah Bubble and Squeak (tumisan atau orak arik). Tak banyak yang tahu, kan, jika nama mentereng ini berasal dari bebunyian yang terdengar saat masakan ini diolah dalam wajan datar.

Sajian yang di Tanah Air populer dengan sebutan Orak Arik ini cocok disantap kapan saja, untuk makan siang atau malam. Namun, tak ada salahnya juga dinikmati sebagai hidangan penuh gizi saat sarapan, dengan menambahkan telur goreng, daging asap, atau olahan daging yang tersisa.

Tak ada batasan khusus, kok, dalam membuat Bubble and Squeak. Gampangnya, gunakan apa saja yang terisa dari makan malam Anda. Biasanya, kentang halus (massed potato) jadi bahan pokoknya, karena bisa berperan sebagai bahan penyatu bahan-bahan lainnya.

# 7. Sayuran SegarSayuran mentah apa pun yang tersisa, bila disimpan dalam rak khusus sayur di kulkas, tak perlu dibuang begitu saja. Olah saja menjadi sajian sup yang cepat, mudah, tapi memiliki rasa istimewa, hanya dengan menambahkan wortel, sayuran hijau, merica, dan tomat.

Jangan lupa, tumis dulu bawang merah dan bawang putih hingga tercium harum sebelum memasukkannya ke dalam panci sup. Bila dikehendaki, bisa saja tambahkan bumbu dapur lainnya untuk mendapatkan sup dengan aroma ekstra.

Masakan favorit lainnya yang tak kalah istimewa dan bisa Anda sajikan dari dapur sendiri adalah capcay. Sajian ala Cina ini sedemikian populernya di Indonesia, karena citarasanya memang tak diragukan lagi.

Lusia