Warna-Warni Sayuran

By nova.id, Jumat, 18 September 2009 | 17:04 WIB
Warna Warni Sayuran (nova.id)

Warna Warni Sayuran (nova.id)
Warna Warni Sayuran (nova.id)

"Foto: Dok.Nova "

Sayuran hijau(contoh : bayam, brokoli, selada romaine, daun singkong, lobak cina, dan sawi)Menurut penjelasan dari Yusnalaini Y.Mukawi,M.Sc, ahli gizi dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta,kandungan kalium dan kalsium pada sayuran hijau membuatnya sangat baik untuk tulang dan gigi serta menjaga kebugaraan tubuh. Selain itu, si hijau ini juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko peradangan dan menjaga kesehatan sel-sel otak kita.

Sayuran kuning - oranye(contoh : wortel, ubi, labu kuning, tomat)Lindungi kesehatan mata kita dengan kandungan beta-karoten dalam sayuran berwarna kuning ini. Nikmati juga manfaat lain seperti, menjaga kesehatan paru-paru plus mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan karoten yang merupakan golongan antioksidan juga akan membantu kita menangkal radikal bebas pemicu kanker dan penyakit degenerasi, seperti Parkinson atau penurunan fungsi jantung.

Kacang-kacangan(Contoh : kacang tanah, kacang merah, kacang hitam, kacang lentil, kacang chickpea, tahu, tempe)Sayangi jantung kita dengan mengkonsumsi sayuran jenis ini. Karena kacang-kacangan dapat ,menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular lainnya. Kandungan fitosterol dalam sayuran ini juga mampu menekan risiko kanker payudara. Selain itu, kita juga terhindar dari risiko kanker usus besar dan diabetes tipe 2 dengan mengasup kacang-kacang ini.

Sayuran kaya tepung(Contoh : kentang, jagung, kacang polong)Kandungan antioksidan yang unik (isoflavon) dalam sayuran ini berfungsi sebagai zat pencegah kanker. Zat kukoamina dalam kentang juga mampu menurunkan tekanan darah kita. Sayuran jenis ini juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, C, B6, asam folat, potassium, dan magnesium.

Sayuran jenis lain(Contoh : asparagus, toge, kol, kembang kol, terung, kacang panjang, jamur, bawang Bombay, artichoke, paprika, buncis, zukini)Kayanya kandungan nutrisi dan antioksidan membuat sayuran jenis ini mampu melindungi seluruh sel tubuh dan sekaligus meremajakannya. Beta-karoten dalam paprika dan kuersetin pada bawang bombay bisa menjadi obat anti-radang yang manjur. (Lily Turangan/Astrid Anastasia)

Sumber: Prevention Indonesia