7 Kesalahan Memasak (1)

By nova.id, Kamis, 20 Agustus 2009 | 17:03 WIB
7 Kesalahan Memasak 1 (nova.id)

7 Kesalahan Memasak 1 (nova.id)

"Foto: Ahmad Fadillah/Nova "

# Kesalahan 1. Menggoreng dalam minyak yang belum panas.Tak peduli pakai penggorengan datar atau cekung, makanan akan menyerap lebih banyak minyak hingga jadi lebih berat dan berlemak bila digoreng pada suhu di bawah sekitar 176° C.

Yang harus dilakukan:Untuk mendapatkan panas yang pas, gunakan minyak dengan titik asap tinggi, yakni suhu tertentu dimana minyak mulai mengeluarkan asap. Minyak bunga matahari, minyak kacang, minyak biji anggur, dan minyak jagung bisa dijadikan pilihan. Berikut tanda-tanda minyak sudah cukup panas dan siap digunakan:1. Gunakan termometer atau lakukan tes sederhana, masukkan secuil bahan makanan yang akan digoreng. Jika potongan makanan tadi langsung mendesis, tandanya minyak sudah panas dan siap digunakan.2. Jika telanjur mencemplungkan bahan makanan sebelum minyak panas, secepat mungkin angkat dari rendaman minyak. Biarkan minyak panas dulu dan masukkan lagi bahan gorengan saat minyak sudah panas.

# Kesalahan 2: Masakan kelewat berbumbu karena pakai bumbu kering, padahal di resep tercantum bumbu segar.Menambahkan 1 sendok teh oregano kering sebagai pengganti 1 sendok teh oregano segar mungkin tak masalah. Tapi, tak sedikit bumbu dapur yang justru akan kehilangan aroma khasnya bila dikeringkan.Sedangkan jenis lainnya, seperti oregano dan tarragon malah akan semakin kuat aromanya, dan jika digunakan terlalu banyak akan merusak citarasa sajian.

Yang harus dilakukan:Ketika terpaksa mengganti bumbu, biarkan bumbu itu yang "bicara". Berikut petunjuk yang bisa diterapkan seputar penggunaan bumbu kering dan bumbu segar.1. Untuk bumbu beraroma tajam saat kering, cukup gunakan 1/3 bagian bumbu segar. Sedangkan bumbu beraroma amat tajam, gunakan sedikit saja.2. Cara terbaik menilai kuat atau tidaknya bumbu tertentu, tak ada cara lain kecuali merasakannya sendiri. Jangan ragu gunakan lidah untuk mencicipinya.3. Anda bisa menggugah ketajaman aroma bumbu kering dengan memanggang/ menyangrainya di wajan sekitar 1-2 menit.

# Kesalahan 3: Mengolah pasta di panci kecil.Begitu bahan dimasukkan ke dalam panci berisi air mendidih, suhu air akan segera turun sendiri. Menambahkan banyak bahan ke dalam panci berisi sedikit air akan membuatnya berhenti mendidih. Akibatnya? Proses memasak berubah hingga spaghetti yang mengandung saripati akhirnya lengket.

Yang harus dilakukan:Gunakan banyak air, biarkan bahan pasta mendapat kesempatan "berendam" di panci. Seberapa besar panci yang harus digunakan untuk merebus pasta? Patokannya, untuk mengolah ½ kg pasta, gunakan panci ukuran 4,5 liter.

Lusia