Ragam Cokelat (1)

By nova.id, Minggu, 28 Juni 2009 | 17:01 WIB
Ragam Cokelat 1 (nova.id)

Anda tahu, kan, ada berbagai macam cokelat beredar di pasaran. Setiap jenisnya memiliki kegunaan dan rasa yang berbeda. Tapi, tak semua jenis cokelat bisa digunakan untuk memasak, lho! Nah, agar tak salah memilih, yuk, kenali dulu ragam cokelat.

Cokelat Bubuk (Cocoa Powder)Berbentuk bubuk dan memiliki rasa cokelat yang pekat pada kue atau minuman. Cokelat bubuk banyak sekali terdapat di pasaran, ada yang pekat dan ada yang biasa (tak terlalu pekat). Jika Anda akan menggunakannya, pilih cokelat bubuk sesuai kebutuhan. Soal harga, cokelat bubuk pekat biasanya lebih mahal dibanding jenis yang biasa.

Cokelat Masak (Cooking Chocolate)Cokelat ini sering digunakan untuk membuat kue. Berwarna lebih gelap dibandingkan jenis cokelat yang biasa dimakan. Kualitas cokelat ini tergantung dari banyaknya buah cokelat yang digunakan. Semakin banyak buah cokelat yang digunakan, semakin baik pula kualitas dan rasa cokelatnya.

Bitter ChocolateCokelat ini khusus dipakai untuk membuat kue, karena cokelat ini tak memiliki rasa manis sama sekali dan jarang terdapat di pasaran.

Cokelat Putih (White Chocolate)Terbuat dari campuran mentega, cokelat, susu, gula, dan tak mengandung buah cokelat sama sekali, jarang dibuat untuk kue karna rasanya tidak kuat. Namun, cokelat ini lebih sering digunakan untuk campuran dalam membuat mouse atau praline.

Nuraini W./ dari berbagai sumber