Diet Cepat atau Hidup Sehat?

By nova.id, Jumat, 29 Mei 2009 | 17:01 WIB
Diet Cepat atau Hidup Sehat (nova.id)

Diet Cepat atau Hidup Sehat (nova.id)

"Foto: Dok.Nova "

Ya, hanya dalam beberapa bulan, minggu, bahkan hari, Anda bisa mengurangi sekian kilogram dari berat badan. Di sisi lain, faktanya tidak semua yang instan tersebut baik bagi tubuh kita. Terlebih jika kita sendiri belum terbiasa menjalani pola hidup yang sehat sehingga diet bisa jadi sia-sia.

Untuk sukses dalam menurunkan berat badan, diperlukan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan segar, daging atau ikan, dan karbohidrat. Biasakan juga makan secara teratur, carilah makan pagi yang sehat dan menyegarkan bagi tubuh, kemudian makan siang yang cukup membuat kenyang namun tidak berlebihan. Sementara itu di sore hari, Anda bisa mencari makanan kecil yang ringan dan tidak berlemak. Lalu di malam hari sebaiknya konsumsi salad atau buah-buahan saja.

Ingin diet namun tetap hidup sehat? Beberapa tip telah kami siapkan untuk Anda pelajari. Selamat mencoba!

Pola hidup sehat bukan berarti kita tidak makan sesuatu sama sekali, namun secara perlahan-lahan sebaiknya kurangi jumlah makanan yang masuk. Hal ini tidak bisa dilakukan secara langsung namun dengan bertahap. Cobalah untuk mengurangi jumlah makanan per satu atau dua minggu. Tidak perlu terlalu ambisius bila tubuh tidak kuat menjalaninya, yang penting adalah hidup sehat, bukan menyiksa diri sendiri.

Perhatikan pula makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya makanan tidak mengandung bahan pengawet karena hal tersebut dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk mengeluarkan racun jahat dari darah.

Jangan makan terlalu cepat. Nikmati makanan Anda secara perlahan dan rasakan tiap gigitannya, layaknya orang Perancis. Bila Anda makan secara perlahan, maka ini memberikan waktu bagi tubuh untuk merasa kenyang sehingga Anda tidak perlu menambah lagi. Kemudian, jangan lupa untuk minum 8 gelas air setiap hari.

Terakhir, biasakan untuk mulai berolahraga secara teratur. Buatlah jadwal dan pilihan olahraga yang disenangi. Pada awal latihan, cukup habiskan waktu 15-30 menit saja dan jangan memaksa diri supaya tidak membuat kondisi fisik malah menjadi buruk. Setelah beberapa waktu, baru mulai tingkatkan waktu latihan secara bertahap.

Sumber: PreventionIndonesia.comFoto: Dok.Nova