Pangeran Charles Tak Tanggung Biaya Hidup Pribadi Pangeran William dan Harry

By nova.id, Jumat, 26 Juni 2015 | 09:36 WIB
Kate, William, dan Harry (nova.id)

Tabloidnova.com – Kantor Pangeran Charles di Clarence House baru-baru ini mengeluarkan laporan keuangan tahunan. Dari laporan ini, ketahuan jika Pangeran Charles, 66 tahun, menanggung sebagian besar biaya hidup kedua anaknya, Pangeran William dan Pangeran Harry, plus Kate Middleton. Biaya hidup yang ditanggung itu termasuk gaji karyawan, biaya perjalanan dan pembelian baju-baju untuk kunjungan resmi atau penampilan resmi di depan publik. Total dana yang dikeluarkan untuk keperluan tersebut berkisar 4,6 juta dollar selama setahun.

Selain itu, Pangeran Charles membayar sendiri biaya hidupnya baik itu untuk kepentingan resmi maupun urusan pribadinya. Sedangkan pemasukannya didapat dari istana Duchy of Cornwall dimana ia dapatkan sebagai pewaris kerajaan. Pemasukannya itu  mencapai 31,1 juta dollar yang dikabarkan mendapat kenaikan hingga 1,7 persen. Baca: Pangeran Harry Dukung Dua Keponakannya Bergabung dengan Militer

Pengeluaran Pangeran Charless tidak hanya itu juga. Ia juga harus menyisihkan dana buat anak-anaknya untuk menjalankan urusan perkantoran di istana Kensington, termasuk para sekretaris pribadi dan tim press mereka sendiri yang mencapai 600 ribu dollar. Biaya ini juga menanggung karyawan keluarga kerajaan ikut travelling bersama anggota keluarga kerajaan untuk kepentingan resmi.

“Kita tidak dapat mengidentifikasi detail-detail dana tersebut dialokasikan kemana saja layaknya tahun lalu. Jadi, kita tidak tahu berapa dana yang teralokasi untuk  membeli baju-baju bagus milik Kate. Kali ini, pihak kerajaan tidak mengeluarkan detail-detail tersebut,” ungkap sebuah sumber dari kerajaan kepada majalah People.

Syanne

Sumber: People, Foto: Mark Cuthbert/Uk Press