Jakarta Siaga 1, Polisi dari 10 daerah Ikut Jaga Ibu Kota

By nova.id, Kamis, 21 Agustus 2014 | 03:42 WIB
Jakarta Siaga 1 Polisi dari 10 daerah Ikut Jaga Ibu Kota (nova.id)

Jakarta Siaga 1 Polisi dari 10 daerah Ikut Jaga Ibu Kota (nova.id)

"Pembacaan putusan MK akan dilakukan pukul 14.00 hari ini, Kamis (21/8) (foto: NOVA/Reztya) "

TabloidNova.com - Sidang putusan Mahkamah Konstitusi tentang sengketa Pilpres digelar hari ini pukul 14.00. Namun sejak pukul 05.00 pagi hari tadi, petugas keamanan sudah berjaga. Ada  3000 personil polisi yang  diturunkan di 4 ring (titik). Pengemanan ini juga dibantu oleh aparat TNI, Pemadam Kebakaran, dan satpol PP.

Pengamanan dilakukan meliputi wilayah Harmoni hingga  Bundaran HI. Pengamanan ini untuk mengantisipasi kerusuhan yang mungkin saja terjadi dari tim pendukung Kubu Prabowo-Hatta. Rombongan pendukung ini diperkirakan tiba di MK pada pukul 10.00 dan akan melakukan orasi pada pukul 11.00.

"Tim pengamanan tidak hanya berasal dari wilayah Jakarta, tapi juga didatangkan dari 10 wilayah provinsi di indonesia. Di antaranya Bali, Jabar, Jatim, Jateng, Kaltim, dan lain-lain," ujar salah satu personel polisi, Ivantri Manalu. Maklum hari ini Jakarta dinyatakan dalam status Siaga 1.

Di seputar gedung MK, banyak barikade dipasang di sepanjang jalan. Sejumlah kamera yang digerakkan robot juga sengaja dipasang untuk memantau situasi.

Pengamanan ini menyebabkan kemacetan di sekitar wilayah MK. Salah satu titik kemacetan di kawasan Patung Kuda karena akses jalan menuju MK ditutup. Bahkan jalur Transjakarta dari Blok M menuju Harmoni pun dialihkan ke arah Balaikota.

Reztya