Perbaiki Saluran Air Yang Tersumbat

By nova.id, Jumat, 15 Mei 2009 | 17:01 WIB
Perbaiki Saluran Air Yang Tersumbat (nova.id)

Perbaiki Saluran Air Yang Tersumbat (nova.id)

"Foto: Dok.Nova "

Cara 1: gunakan cairan pembersihBeli cairan pembersih sumbatan, tuangkan ke dalam saluran air, diamkan beberapa saat dan biarkan cairan tersebut bekerja. Pilihan ini mungkin nyaman dan mudah, tetapi memiliki kekurangan karena mengandung beberapa bahan kimia yang paling beracun dan berbahaya.

Opsi 2: gunakan plungerMetode ini tidak menggunakan bahan kimia beracun, tetapi memerlukan lengan yang kuat untuk menekan dan menarik batang plunger pada lubang saluran agar air yang tergenang agar terdorong ke luar dari pipa pembuangan.

Opsi 3: gunakan soda apiBahan ini dapat dibeli di toko bahan bangunan, namun gunakan sarung tangan saat menggunakannya. Masukkan soda api ke dalam saluran lubang pipa dan biarkan untuk beberapa saat hingga suara gemuruhnya tidak terdengar. Basuh dengan air. Lakukan setiap sebulan sekali agar pipa tidak tersumbat lagi.

Opsi 4: gunakan baking sodaSering digunakan untuk mengatasi saluran air yang mampet. Tuangkan satu sendok baking soda ke dalam pipa dan guyur dengan air panas.

Sumber: Prevention IndonesiaFoto: Dok.Nova