Cegah Dan Hindari Mata Lelah

By nova.id, Minggu, 10 Mei 2009 | 17:01 WIB
Cegah Dan Hindari Mata Lelah (nova.id)

Cegah Dan Hindari Mata Lelah (nova.id)

"Foto: Dok.Nova "

Wortel. Sewaktu kecil, ibu selalu mengingatkan kita untuk rajin makan wortel supaya mata senantiasa sehat. Ini bukanlah mitos belaka namun sebuah fakta. Wortel kaya akan vitamin A yang dapat mencegah penyakit katarak dan degenarasi makular. Selain itu, dengan mengonsumsi wortel kita pun dapat melihat lebih baik di malam hari.

Istirahat. Bila Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan monitor komputer, laptop atau televisi dalam sehari, beristirahatlah selama beberapa jam untuk merelaksasikan mata. Jangan menghabiskan lebih dari satu jam di depan komputer atau televisi tanpa istirahat. Upayakan untuk memalingkan mata dari komputer setiap sepuluh menit sekali.

Pencahayaan yang baik. Anda bisa menggunakan lampu meja saat bekerja di depan komputer atau membaca. Hindari bekerja di ruangan yang gelap atau memiliki pencahayaan yang buruk. Saat Anda bekerja di depan komputer, pastikan ruangan dimana Anda berada sama terang dengan cahaya dari monitor komputer.

Banyak istirahat. Mata juga sama seperti organ tubuh lainnya. Bila mata mulai terasa lelah, maka Anda membutuhkan waktu tidur yang cukup. Anda bisa berbaring sebentar sambil memejamkan mata.

Olahraga mata. Pejamkan mata selama 5 detik kemudian buka kembali. Ulangi selama 5-6 kali. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi mata lelah sementara. Anda juga bisa menempelkan handuk hangat ke mata Anda. Jangan menggosok mata terlalu sering, karena dapat memecah pembuluh kapiler di bawah kulit.

Sumber: Prevention IndonesiaFoto: Dok.Nova