Dengan Alat Regristasi, Polisi Siap Dukung Program "Ganjil Genap"

By nova.id, Senin, 4 Maret 2013 | 18:26 WIB
Dengan Alat Regristasi Polisi Siap Dukung Program Ganjil Genap (nova.id)

Dengan Alat Regristasi Polisi Siap Dukung Program Ganjil Genap (nova.id)

"AKBP Latif Usman. Foto: Laili/NOVA "

Saat ditemui di Ruang Cakra, TMC Polda Metro Jaya, Senin (4/3), Kasubdit Rigident Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Latif Usman, mengatakan jika saat ini PMJ sudah menyiapkan perangkat elektronik khusus untuk registrasi kendaraan yang disebut ERI (Electronic Registration Identification). Alat ini merupakan teknologi terkini untuk mendata dan mendeteksi kendaraan bermotor secara elektronik. Nantinya, alat ini akan mendukung operasional program ganjil genap seperti juga  E -TLE (Electronic Traffic Law Enforcement), ERP (Electronic Road Pricing), dan ETC (Electronic Tol Collection)  serta  E-Parking (semacam kartu parkir berlangganan).

"Pada intinya kebijakan Polda Metro Jaya adalah mendukung Pemda mengatasi kemacetan. Dengan program ini diharapkan akan membawa dampak kepada masyarakat kendati saat ini masih ada yang pro dan kontra. Namun tugas kami menyiapkan prasarana yang dibutuhkan," ungkap Latif.

Alat ERI ini akan menjadi ujung tombak petugas polisi lalu lintas karena mampu melakukan pendeteksian secara otomatis. Dengan disampaikannya jika Polda Metro Jaya telah menyiapkan alat ini, dipastikan dalam waktu tidak berapa lama kebijakan program "Ganjil Genap" akan diberlakukan di DKI Jakarta. Jika polisi sudah siap, Jokowi tinggal ketuk palu.

Laili