Diserbu Pengunjung, Harga Ikan Pantai Depok Melambung

By nova.id, Senin, 31 Desember 2012 | 17:55 WIB
Diserbu Pengunjung Harga Ikan Pantai Depok Melambung (nova.id)

Diserbu Pengunjung Harga Ikan Pantai Depok Melambung (nova.id)

"Suasana Pantai Depok (Foto: Rini) "

Depok terletak di sisi barat Pantai Parangtritis. Lokasinya bisa dicapai dari pintu gebang Parangtritis berjalan ke arah selatan sekitar 1 km, setelah itu belok ke kanan menyusuri jalan beraspal.  Sebelum mencapai pintu gerbang pantai Depok, akan ditemui Kendi Raksasa di sisi kiri jalan.  Tepatnya di seberang kantor Dir Pol Air. Di sinilah biasanya pengunjung pantai rehat sebentar lalu berfoto-foto. Sekitar 500 meter dari kendi raksasa akan ditemui pintu pasuk pantai.

Begitu banyaknya wisatawan yang antusias ke arah Parangtritis dan Depok yang memiliki view eksotis, jarak tempuh kota Jogja hingga Parangtritis sekitar 25 km yang pada hari biasa ditempuh kurang dari 60 menit, menjadi dua jam lebih. Kemacetan total terjadi di sekitar Desa Pundong hingga pintu gerbang pantai. Begitu macetnya hingga sepeda onthel pun sulit menembus kemacetan.

Kemacetan baru terurai setelah pengguna lalu-lintas memecah arah ke Parangtritis atau  Pantai Depok yang berada di sisi barat Parangtritis. Lokasi pantai Depok bisa dicapai dari pintu gebang Parangtritis berjalan ke arah selatan sekitar 1 km, setelah itu belok ke kanan menyusuri jalan beraspal.  Sebelum mencapai pintu gerbang pantai Depok, akan ditemui Kendi Raksasa di sisi kiri jalan.  Tepatnya di seberang kantor Dir Pol Air. Di sinilah biasanya pengyunjung pantai rehat sebentar lalu berfoto-foto. Sekitar 500 meter dari kendi raksasa akan ditemui pintu pasuk pantai.

Ribuan wisatawan yang memadati Pantai Depok tak cuma bemain air di pinggir pantai, bermain go card, tetapi masih saja ada yang menyalakan kembang api di siang yang terik. Untuk menghindari musibah, penjaga pantai memasang peringatan agar pengunjung tidak mandi di pantai karena ombak tengah besar.

 Ciri khas Pantai Depok adalah pada hasil ikannya dari nelayan yang langsung bisa disantap wisatawan. Tak heran di  pinggir pantai terdapat puluhan pemilik rumah makan sea food.  Sayangnya, ketika musim liburan tiba, harga ikan melambung tinggi lebih dari 50 persen.

"Maaf ya, kalau musim liburan selalu begini. Haga ikan biasanya Rp25 ribu, begitu masuk musim liburan harganya melonjak menajdi Rp45 ribu. Jadi bukan kami mentang-mentang liburan lalu menaikkan harga. Ini dari bandarnya, di tempat pelelangan ikan. Kami sering tidak enak pada pelanggan," tutur Ny.Peni, pemilik RM.Sari Laut.

Di RM. Sari Laut, pembeli datang dan pergi hingga terlihat staf Peni berulang kali pula ke pasar pelelangan ikan untuk menambah pasokan ikan. "Kami sih, maunya harga stabil. Kalau naik ya jangan terlalu tinggi," lanjut Peni.

Cara memasak ikan bakar beberapa rumah makan masih banyak yang menggunakan kayu bakar, sehingga hasilolahan ikannya lebih khas, dipadu bumbu yang meresap ke dalam ikan, dan disantap dengan nasi putih yang pulen. Untuk minuman biasanya wisatawan mengandalkan air kelapa muda plus sirup gula merah.

Rini