Korban Tewas Akibat Gempa China Meningkat Jadi 589 Orang

By nova.id, Rabu, 6 Agustus 2014 | 08:56 WIB
Korban Tewas Akibat Gempa China Meningkat Jadi 589 Orang (nova.id)

Korban Tewas Akibat Gempa China Meningkat Jadi 589 Orang (nova.id)

"Kondisi reruntuhan gempa di Ludian yang sangat parah menyulitkan tim evakuasi (IBTIMES) "

TabloidNova.com - Sudah tiga hari berlalu sejak gempa bumi dengan kekuatan 6,1 skala richter menghantam kawasan Ludian di provinsi Yunnan, China. Tapi sejak itu pula, jumlah korban tewas seperti tak terbendung dan terus bertambah. Kekuatan gempa yang memporak-porandakan Ludian ini tercatat sebagai gempat terburuk dalam empat tahun belakangan.

Menurut keterangan pemerintah setempat di Yunnan, lebih dari 2.400 orang mengalami cedera akibat gempat tersebut. Reruntuhan yang disebabkan gempa ini pun sangat masiv, sehingga pihak pemerintah mengingatkan penduduk agar siap dengan keadaan terburuk di mana banyak korban jiwa tidak bisa dievakuasi, meski harapan selalu akan ada.

Jumlah korban yang meninggal dunia pun meningkat drastis. Di hari Selasa (5/8) silam, tercatat 410 orang meninggal dunia. Namun hari ini dikabarkan angka tersebut sudah bertambah menjadi 589 jiwa. Ini karena pihak berwajib baru saja berhasil mengevakuasi jenazah korban dari tempat-tempat yang tadinya sulit dijangkau. Untungnya, pihak yang berwajib dibantu oleh ratusan tenaga sukarelawan untuk mengevakuasi korban tewas.

Beberapa wilayah memang memiliki medan yang sangat sulit untuk ditaklukkan para sukarelawan mengingat kawasan ini memiliki area bukit dengan jalan yang licin serta bebatuan yang sulit dijangkau. Karena dikelilingi pegunungan, kawasan Ludian ini memang rentan dengan gempa bumi. Tahun 1970, gempa bumi dengan kekuatan 7,7 skla richter pernah menghantam kawasan ini dan menelan korban sebanyak 15.000 orang. Terakhir, di September 2012 pun terjadi gempa dan menewaskan 81 orang.

Yetta Angelina / Sumber: Huffington Post