Siapa yang Pertama Kali Ucapkan Selamat pada Jokowi?

By nova.id, Rabu, 23 Juli 2014 | 04:31 WIB
Siapa yang Pertama Kali Ucapkan Selamat pada Jokowi (nova.id)

Siapa yang Pertama Kali Ucapkan Selamat pada Jokowi (nova.id)

"Presiden SBY lah yang pertama kali menelepon Jokowi dan mengucapkan selamat (foto: Kompasiana) "

TabloidNova.com - Pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) mungkin baru saja melewati salah satu malam terpenting dan teristimewa dalam hidup mereka. Ya, Selasa (22/7) silam, secara resmi keduanya disebutkan sebagai pemenang pilpres 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Artinya, jika semua berjalan sesuai rencana, Oktober mendatang, keduanya akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia ke-7 menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono.

Tapi sikap negarawan sejati dicontohkan oleh SBY di akhir-akhir masa pemerintahannya. Tepat setelah Jokowi hendak meninggalkan Gedung KPU setelah menghadiri rapat pleno terbuka keputusan pemenang pilpres 2014, Jokowi dikabarkan menerima panggilan telepon langsung dari SBY.

Hal tersebut diinformasikan langsung oleh Anies Baswedan, juru bicara tim pemenangan Jokowi-JK yang memberikan rilis persnya, Rabu (23/7) dini hari, seperti dilansir oleh Kompas.com.

 "SBY dan (Wakil Presiden) Boediono sudah memberikan selamat kepada Jokowi yang dinyatakan KPU sebagai pemenang Pilpres 2014. SBY adalah penelepon pertama yang memberikan selamat pada kemenangan Jokowi. SBY menelepon pasca-pengumuman, saat berada di tangga KPU," papar Anies.

Sikap ini, menurut Anies, turut menyampaikan pesan positif bagi suasana demokrasi dalam pilpres tahun ini. Dan untuk itu, pihaknya pun sangat mengapresiasi tindakan Presiden SBY tersebut. "Tradisi demokrasi yang sehat dan menghormati seperti ini harus terus dijaga."

Yetta Angelina / Sumber: Kompas.com