Hari Ini, Jokowi Kembali jadi Gubernur

By nova.id, Rabu, 23 Juli 2014 | 04:26 WIB
Hari Ini Jokowi Kembali jadi Gubernur (nova.id)

Hari Ini Jokowi Kembali jadi Gubernur (nova.id)

"Jokowi saat ditemui wartawan di Balai Kota, Rabu (23/7) (KOMPAS.COM/Kurnia Sari Aziza) "

TabloidNova.com - Hanya berselang semalam sejak dirinya dan pasangannya, Jusuf Kalla (JK) ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang pilpres, presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) terlihat kembali berkantor di Balaikota, Rabu (23/7) pagi. Ya, hari ini, Jokowi ternyata resmi kembali menjabat sebagai Gubernur DKI, jabatan yang sempat "ditinggalkannya" sejenak saat fokus berlaga di pilpres.

Dengan mengendarai mobi pribadinya, Kijang Innova berwarana putih, Jokowi tiba di Balaikota sekitar pukul 08.00 WIB, seperti yang dilansir Kompas.com. Namun tidak ada sosok Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menyambut sang atasan kembali ke Balaikota karena Ahok sendiri sudah terlebih dahulu tiba di ruangan kerjanya.

Mengenakan setelan jas hitam dan dasi berwarna merah, Jokowi tak hentinya melepas senyuman semringah kepada setiap orang yang ditemuinya, termasuk beberapa staff Balaikota dan para wartawan. Beberapa terlihat menyalami tangannya. Jokowi pun langsung melenggang masuk ke ruangan kerjanya, disusul beberapa menit kemudian, Ahok juga masuk ke ruangan kerja Jokowi tanpa melontarkan pernyataan apa-apa.

Jokowi kembali aktif sebagai Gubernur DKI sesuai Keppres Nomor 52/P Tahun 2014 tanggal 31 Mei 2014. Jokowi non aktif sebagai Gubernur DKI sepanjang ia mencalonkan diri sebagai calon presiden, berkampanye, hingga penetapan presiden terpilih. Jokowi pun tak memerlukan keppres untuk pengaktifan jabatan gubernur kembali. Tapi nanti setelah Jokowi resmi dilantik sebagai presiden ke-7 RI, maka otomatis, Ahok akan naik sebagai Gubernur DKI menggantikannya.

Yetta Angelina / Sumber: Kompas.com