Pemudik Diimbau Tidak Gunakan Sepeda Motor

By nova.id, Selasa, 15 Juli 2014 | 08:13 WIB
Pemudik Diimbau Tidak Gunakan Sepeda Motor (nova.id)

  TabloidNova.com - Permasalahan mudik selalu menjadi topik hangat jelang datangnya Hari Raya Idul Fitri. Yang selalu menjadi pusat perhatian pula, ketika ribuan pemudik dari ibukota memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dengan menggunakan sepeda motor. Padahal dari tahun ke tahun pula, pengalaman buruk kerap melanda para pemudik dengan sepeda motor.

Tapi tahun ini, Kombes Rikwanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya, menghimbau agar warga mengurungkan niatnya menggunakan sepeda motor saat mudik. "Pengalaman tahun lalu banyak yang celaka pakai sepeda motor. Ada yang putranya tewas dalam dekapan karena kedinginan, ada yang ngantuk dipaksakan akhirnya jatuh atau ketabrak."

Rikwanto juga menyarankan agar pemudik yang ingin memakai motor di kampung halaman untuk menaikkannya ke atas truk. "Sampai tempat yang dituju, pemudik bisa mengambil kembali sepeda motornya. Ini lebih baik karena hitung-hitungan ekonomi sama saja hasilnya. Pakai motor membahayakan keluarga dan dirinya," sebutnya.

Sebagai alternatif, Rikwanto mengingatkan warga ibukota untuk memanfaatkan fasilitas bus mudik gratis yang banyak disediakan perusahaan-perusahaan. "Sesuai data sementara tentang layanan mudik gratis, ada 16 perusahaan, menyewa 1.790 bus. Jadi total bisa angkat 128.060 orang."

Yetta Angelina