Patricia Arquette Raih Oscar sebagai Aktris Pendukung Terbaik

By nova.id, Senin, 23 Februari 2015 | 04:07 WIB
Patricia Arquette Raih Oscar sebagai Aktris Pendukung Terbaik (nova.id)

TabloidNova.com - Prediksi para pengamat perfilman maupun para nominator Piala Oscar terbukti. Patricia Arquette memenangkan Oscar sebagai Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya di film Boyhood.

"Terima kasih pada akademi (Academy of Motion Pictures Art and Sciences, penyelenggara Oscar), pada nominator lain yang hebat," kata Patricia saat menyampaikan pidatonya di panggung Dolby Theatre, Hollywood & Highland Center, Los Angeles, Minggu (22/2) malam.

Kategori Aktris Pendukung tentunya menjadi salah satu penghargaan di bidang akting yang diinginkan para aktris. Piala Oscar pertama untuk Patricia ini diserahkan oleh Jared Leto, yang tahun lalu memenangkan Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik lewat Dallas Buyers Club.

Patricia mengalahkan nominator kuat lainnya, yaitu Laura Dern (Wild), Keira Knightley (The Imitation Game), Emma Stone (Birdman), dan Meryl Streep (Into the Woods). Meryl gagal meraih Oscar keempatnya, setelah 19 kali masuk nominasi sejak tahun 1978 (The Deer Hunter).

Sejak awal tahun ini Patricia terus memenangkan piala di kategori ini berkat perannya di film Boyhood. Sejauh ini, sudah tiga piala yang sudah ia dapat, yaitu dari penghargaan Golden Globes, BAFTA, dan SAG.

Patricia menggunakan kemenangannya ini untuk menyuarakan kesetaraan perempuan di Amerika. "Untuk setiap perempuan yang melahirkan, untuk setiap pembayar pajak dan warga negara, kita telah memperjuangkan persamaan hak untuk setiap orang," ujar aktris berusia 46 tahun ini.

"Inilah saatnya untuk memiliki kesetaraan upah, dan persamaan hak-hak untuk perempuan di Amerika," tambahnya, yang memicu tepukan riuh dari para tamu yang hadir.

Pidato Patricia langsung menyebabkan trending di Twitter dengan hashtag #WageEquality dan #EqualRights.

Dini Felicitas/People